ADVERTISEMENT

Elon Musk Batal Beli Twitter Rp 660 T, Ini Kemungkinan Efek Dominonya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Selasa, 12 Jul 2022 12:40 WIB
NEW YORK, NEW YORK - MAY 02: 
  Elon Musk attends The 2022 Met Gala Celebrating
Elon Musk/Foto: Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris
Jakarta -

Rencana Elon Musk membeli Twitter batal. Orang terkaya di dunia ini mengatakan bahwa tidak berminat lagi membeli Twitter.

Chairman Twitter, Bret Taylor mengambil langkah ke pengadilan terkait rencana pembelian Twitter oleh Elon Musk. Ada delapan skenario yang mungkin terjadi usai Elon Musk batal beli Twitter:

1. Elon Musk Bayar 'Biaya Perpisahan'

Secara teori, ini mungkin pilihan terbaik bagi semua pihak tanpa litigasi. Elon Musk setuju membayar biaya penghentian kontrak US$ 1 miliar dan Twitter sepakat, meskipun jauh lebih rendah dari kesepakatan pembelian US$ 44 miliar atau Rp 660 triliun (kurs Rp 15.000).

Ini adalah solusi yang ditawarkan salah satu pendiri Twitter, Ev Williams. Masalahnya, dewan dapat melangar kewajiban fidusia jika membiarkan Elon Musk berjalan, tapi tampaknya hal ini tidak akan terjadi.

Twitter juga memiliki argumen hukum yang kuat bahwa Musk mengunci pembelian dengan harga US$ 54,20 per saham. Membuat Musk hanya membayar biaya perpisahan mungkin mendorong saham Twitter lebih rendah lagi.

"Twitter tidak dalam posisi untuk melakukan itu," ujar profesor tata kelola perusahaan di Tulane Law School, Ann Lipton dikutip dari CNBC, Selasa (12/7/2022).

2. Twitter Menang di Pengadilan, Musk Beli Perusahaan

Ada contoh hakim yang memaksa pembeli untuk merealisasikan transaksi bahkan ketika mereka tidak menginginkannya. Pada 2001, Delaware Chancery Court memutuskan Tyson Foods harus membeli IBP Inc., yang saat itu merupakan distributor daging sapi AS terbesar, dengan harga yang telah disepakati sebelumnya sebesar US$ 30 per saham.

Tyson telah mencoba untuk menarik diri dari kesepakatan setelah kinerja keuangan kedua perusahaan menurun setelah kesepakatan ditandatangani - sama seperti Musk mencoba untuk menjauh dari Twitter. Seorang hakim memutuskan Tyson tidak bisa pergi begitu saja dan perusahaan terpaksa mengakuisisi IBP dengan harga yang disepakati semula.

3. Twitter Menang di Pengadilan, Elon Musk Bayar Ganti Rugi

Ada kemungkinan hakim meminta Elon Musk membayar ganti rugi dibandingkan melanjutkan pembelian.

4. Elon Musk Setuju Beli Twitter

Elon Musk kemungkinan akan membayar biaya perpisahan US$ 1 miliar dan miliaran lagi dalam penyelesaian yang ditengahi dengan Twitter. Penyelesaian tersebut kemungkinan harus cukup sehingga dewan Twitter akan dapat berdebat dengan investor bahwa itu membuat keputusan fidusia yang tepat untuk mengambil uang penyelesaian daripada mengejar litigasi.

Simak video 'Elon Musk Sindir Gugatan Twitter dengan Meme Penuh Tawa':

[Gambas:Video 20detik]



Elon Musk mungkin menang di pengadilan. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT