ADVERTISEMENT

Blak-blakan Wimboh Santoso

Jungkir Balik 5 Tahun Kawal Metamorfosis Industri Keuangan RI

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 13 Jul 2022 07:00 WIB
Jakarta -

Wimboh Santoso tahun ini pensiun menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) setelah menjabat sejak 2017. Dia akan digantikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Wimboh mengatakan selama lima tahun menjabat Ketua DK OJK banyak kejadian luar biasa yang tidak pernah disangka terjadi. Mulai dari pandemi COVID-19, hingga perang Rusia dan Ukraina yang dampaknya ke mana-mana.

"Pada saat saya masuk lima tahun lalu, tidak kebayang akan ada COVID, tidak kebayang, siapapun tidak pernah membayangkan ada pandemi COVID yang luar biasa dan tidak kebayang sekarang ini ada hyper inflation global yaitu dampak dari kombinasi konflik Rusia-Ukraina," kata Wimboh dalam program Blak-blakan detikcom yang tayang Rabu (13/7/2022).

Wimboh mengaku sempat tak tidur saat pertama kali COVID-19 diumumkan jadi pandemi. Pasalnya pemerintah termasuk juga OJK harus memikirkan kebijakan yang mau diambil di sektor keuangan.

"Pada saat COVID itu luar biasa, kita harus inovatif, bekerja keras dengan satu dedikasi yang luar biasa untuk NKRI. Waah nggak tidur, tiap hari rapat memikirkan, bagaimana juga komunikasi publik harus dilakukan secara terukur," tuturnya.

Dia bercerita bagaimana OJK selama pandemi COVID-19 mengeluarkan berbagai kebijakan agar bisa menjaga sektor keuangan tetap stabil di antaranya relaksasi restrukturisasi kredit/pembiayaan. Terlepas dari berbagai capaian yang ada, Wimboh membeberkan sederet PR yang perlu jadi catatan OJK ke depan.

Wimboh juta bercerita rencana setelah pensiun menjadi Ketua DK OJK nanti. Selengkapnya, saksikan di program Blak-blakan jam 7 pagi ini di detikcom.

(aid/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT