ADVERTISEMENT

Berkuasa! Ini 10 Raja/Ratu Terkaya di Eropa Terbaru 2022

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 13 Jul 2022 13:25 WIB
Japans Emperor Akihito (L) and Empress Michiko wave to Luxembourgs Grand Duke Henri after their meeting and welcoming ceremony for Grand Duke at the Imperial Palace in Tokyo, Japan, 27 November 2017.  REUTERS/Kimimasa Mayama/Pool
Foto: Dok. REUTERS/Kimimasa Mayama/Pool
Jakarta -

Monarki merupakan salah satu bentuk pemerintahan tertua dan masih ada di banyak negara di dunia hingga saat ini. Di Eropa sendiri hingga saat ini setidaknya masih ada dua belas negara monarki berdaulat.

Sepuluh dari dua belas monarki ini bersifat turun-temurun, sedangkan sistem pemerintahan monarki di Andorra dan Kota Vatikan dijalankan melalui pemilihan.

Adapun sebagai anggota keluarga kerajaan dan pemimpin negara, raja ataupun ratu yang berkuasa saat ini pastilah memiliki kekayaan yang sangat berlimpah. Lantas di antara para 10 pemimpin monarki di Eropa ini, siapa di antara mereka yang paling kaya?

Melansir dari The Richest, berikut peringkat 10 Raja/Ratu terkaya di Eropa:

10. Raja Felipe VI - Spanyol (US$ 10 Juta)

Felipe lahir pada tahun 1968 dari Raja Juan Carlos 1 dan Ratu Sofia dari keluarga Bourbon. Sebelum menjadi Raja, ia adalah bagian dari tim layar Spanyol di Olimpiade 1992. Namun, pada tahun 2014, ayahnya menyerahkan tahta kepadanya.

Kekayaan keluarga kerajaan tidaklah main-main karena mereka memiliki delapan istana kerajaan, lima tempat tinggal kerajaan, dan sepuluh biara. Sekarang ini, Raja Spanyol diperkirakan memiliki harta kekayaan mencapai US$ 10 juta.

9. Raja Philippe - Belgia (US$ 20 Juta)

Lahir pada April 1960, Phillipe adalah putra Raja Albert II dari Belgia dan sebelumnya adalah putra mahkota Belgia. Setelah ayahnya melepaskan tahtanya pada Juli 2013, Phillipe dinobatkan sebagai Raja Belgia.

Menurut laporan, Daftar Sipil Belgia mencakup pengeluaran tahunan keluarga kerajaan yang diperkirakan mencapai sekitar US$ 14 juta. Sementara rincian kekayaan pribadinya tidak dipublikasikan, Raja Philippe sempat menyatakan kekayaannya pada tahun 2013 sebesar US$ 13 juta.

8. Raja Harald V - Norwegia (US$ 30 Juta)

Lahir pada 21 Februari 1937, Raja Harald V naik takhta ketika ayahnya, Raja Olav V, meninggal pada 1991. Keluarga Norwegia dikenal dengan gaya hidup mewah dan tidak membayar pajak.

Keluarga tersebut saat ini menghasilkan sekitar US$ 72 juta per tahun dari pemerintah Norwegia untuk memenuhi pengeluarannya. Menurut laporan, King Harald memiliki kekayaan berssih mencapai US$ 30 juta.

7. Ratu Margrethe II - Denmark (US$ 40 Juta)

Ratu Margrethe II dari Denmark adalah putri Raja Frederik IX dan telah menjadi Ratu sejak 1972. Dia menikah dengan mendiang Henri de Laborde de Monpezat, dan pasangan ini memiliki dua putra yakni Pangeran Frederik dan Pangeran Joachim.

Keluarga kerajaan ini menerima sekitar US$ 12,8 juta per tahun dari Daftar Sipil Denmark untuk menutupi pengeluarannya. Sekarang ini, Ratu Margrethe II ditaksir memiliki kekayaan bersih mencapai US$ 40 juta.

6. Raja Carl XVI Gustaf - Swedia (US$ 70 Juta)

Lahir pada April 1946, Raja Carl adalah putra Pangeran Gustaf Adolf dan Putri Sibylla dari Saxe-Coburg dan Gotha. Dia berusia empat tahun ketika dia kehilangan ayahnya dalam kecelakaan pesawat yang fatal. Namun, baru pada tahun 1973, ketika kakeknya meninggal, Raja Carl XVI Gustaf naik tahta.

Selain memiliki istana Solliden secara pribadi, keluarga kerajaan Swedia juga memiliki rumah di Baltik. Sekarang ini Raja Carl XVI Gustaf diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$ 70 juta.

5. Ratu Beatrix - Belanda (US$ 200 Juta)

Ratu Beatrix adalah anak pertama Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld dan Putri Juliana dari Belanda. Meskipun turun tahta pada tahun 2013, ia tetap menjadi salah satu royalti Belanda yang paling signifikan. Putranya- Raja Willem-Alexander, sejak itu memerintah sebagai Raja Belanda.

Saat ini, pemerintah Belanda mengalokasikan sekitar US$ 50 juta per tahun untuk keperluan rumah tangga kerajaan. Menurut laporan, Ratu Beatrix saat ini memiliki harta kekayaan mencapai US$ 200 juta.

4. Ratu Elizabeth II - Inggris (US$ 500 Juta)

Nama Ratu Elizabeth II mungkin sudah tidak asing lagi karena dia bisa dibilang merupakan seorang Ratu yang paling terkenal di dunia saat ini. Sebagai Ratu, dia juga menjabat sebagai Kepala Persemakmuran dan Gubernur Tertinggi Gereja Inggris.

Keluarga kerajaan Inggris yang terkenal memiliki banyak aset, termasuk Kastil Balmoral dan Istana Sandringham. Pada 2017, Ratu menerima pendapatan lebih dari US$ 20 juta dari sewa properti saja. Sekarang ini kekayaannya diperkirakan bernilai $ 500 juta.

3. Pangeran Albert II - Monako (US$ 1 Miliar)

Pangeran Albert II dari kerajaan Monako merupakan salah satu pemimpin yang dikenal secara global di seluruh benua. Pangeran Albert sendiri juga dikenal sebagai pecinta kemewahan dan dia tidak sungkan untuk memamerkan kekayaannya.

Saat ini, dia memiliki 25% tanah di Monako dan sejumlah properti di Amerika. Pangeran juga menerima sekitar US$ 50 juta per tahun dari pemerintah untuk menutupi pengeluaran kerajaan. Menurut Forbes, Pangeran Albert II dari Monako memiliki kekayaan yang mencapai US$ 1 miliar.

2. Grand Duke Henri - Luksemburg (US$ 4 Miliar)

Lahir pada 16 April 1955, Henri Albert Gabriel Félix Marie Guillaume menjadi Adipati Agung Luksemburg pada tahun 2000, ketika ayahnya turun tahta. Untuk menutupi pengeluaran mereka, keluarga kerajaan telah menerima sejumlah dana setiap tahun dari pemerintah Luksemburg sejak tahun 1948.

Pada tahun 2017 saja, keluarga tersebut menerima sekitar US$ 12 juta. Sementara itu kekayaan bersih Henri secara pribadi dan keluarga diperkirakan mencapai US$ 4 miliar.

1. Pangeran Hans Adam II - Liechtenstein (US$ 5 Miliar)

Lahir pada tahun 1945, Hans Adam naik tahta pada tahun 1989 setelah ayahnya Pangeran Franz Joseph II meninggal. Keluarga kerajaan ini merupakan yang terkaya di Eropa saat ini.

Keluarga kerajaan ini berhasil mengumpulkan kekayaan dari berbagai sumber bisnis. Saat ini, investasi mereka termasuk memiliki bank swasta, waralaba real estat, dan banyak investasi lainnya.

Berkat itu kekayaan keluarga ini diperkirakan telah mencapai US$ 7,6 miliar. Namun, Pangeran Hans Adam II sendiri tetap menjadi raja terkaya di Eropa dengan kekayaan mencapai US$ 5 miliar.

Itulah daftar 10 raja/ratu terkaya di Eropa tahun 2022.

Lihat juga video 'Gaun dan Jubah Penobatan Ratu Elizabeth II Bakal Dipamerkan':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT