ADVERTISEMENT

d'Mentor: Rumah atau Nikah Dulu?

Edward F. Kusuma - detikFinance
Kamis, 14 Jul 2022 14:56 WIB
Jakarta -

Meningkatnya suku bunga akibat inflasi berpengaruh pada banyak hal, salah satunya nilai suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Hal ini diperkuat ungkapan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani beberapa hari lalu. Menurutnya, kaum milenial adalah golongan terdampak akan adanya hal ini. Tingginya harga rumah diprediksi tidak akan dapat dikejar, sehingga tidak ada pilihan bagi mereka selain tinggal di rumah orang tua.

Survei Harga Properti Residensial (SHPR) besutan BI menyebutkan bahwa suku bunga KPR di perbankan Indonesia sejak akhir 2020 turun di kisaran 1%. Sementara itu, bunga KPR akhir 2021 hingga Maret 2022 bercokol di angka antara 8,2% hingga 8,11%. Tingginya suku bunga, menurut survey itu disebut-sebut sebagai faktor utama lesunya dagangan properti di negeri ini. Masyarakat enggan merogoh kocek lebih dalam dan memilih menggunakan uangnya untuk hal lain.

Dalam hal ini, pemerintah melalui PUPR telah membuat skema solusi penyediaan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Bukan hanya menyiapkan lokasi perumahan, Direktorat Jendral Perumahan Kementerian PUPR juga menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) untuk menyiapkan skema pembiayaan bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Konsep rumah vertikal serta pembangunan berbasis Transit oriented development (TOD) menjadi kebijakan yang digadang-gadang mampu mengurai masalah kepemilikan rumah sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat. Ditambah lagi dengan program 1000 rumah yang digalakkan pemerintah, backlog perumahan di Indonesia diharapkan dapat tereduksi.

D'Mentor kali ini akan membahas bagaimana masyarakat bisa memilih antara memiliki rumah atau terlebih dulu menikah. Menghadirkan Iwan Suprijanto (Dirjen Perumahan Kementerian PUPR) dan Mike Rini Sutikno (Financial Planner), saksikan d'Mentor "Rumah atau Nikah Dulu?" Kamis, 14 Juli 2022 di web, facebook, dan youtube detikcom. Bagi anda yang ingin bergabung dalam diskusi, silakan mengakses melalui link zoom yang tersedia di sepanjang acara.

(vys/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT