ADVERTISEMENT

Sri Mulyani dan Menkeu AS Bertemu Bahas Ancaman Ngeri soal Krisis Pangan

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 17 Jul 2022 15:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menkeu AS Janet Yellen bertemu di G20/Dok G20
Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menkeu AS Janet Yellen bertemu di G20/Dok G20
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen di sela rangkaian acara Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank G20 (3rd Finance Ministers and Central Bank Governors/FMCBG) di Bali. Keduanya membahas isu-isu energi dan lingkungan, serta kebijakan negara masing-masing terkait isu tersebut.

Sri Mulyani mengatakan, peralihan penggunaan energi fosil dalam pembangkit listrik ke sumber energi yang ramah lingkungan perlu biaya besar. Salah satunya adalah melalui kebijakan Energy Transition Mechanism (ETM) yang telah diinisiasi dan dicanangkan oleh Indonesia bersama Bank Pembangunan Dunia (Asian Development Bank/ADB).

Sri Mulyani dan Yellen sepakat menggarisbawahi bahwa konsekuensi isu geopolitik masih terjadi menjadi penyebab krisis pangan dan energi yang sedang terjadi. Hal ini mengingat berbagai dampak yang ditimbulkan oleh konflik di Ukraina menjadi salah satu pemicu terus melambungnya harga energi dunia, dan menyebabkan munculnya tantangan pada perekonomian global.

"Penanganan krisis pangan dan energi di dunia harus diakselerasi karena sejatinya siapapun berhak untuk mengakses makanan dan energi secara terjangkau," kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Minggu (17/7/2022).

Sri Mulyani akan mendiskusikan usulan AS tersebut untuk dibahas bersama-sama dengan menteri terkait yang menangani sektor energi.
Sri Mulyani juga menegaskan, hasil dari Pertemuan Ketiga FMCBG akan dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat dunia. Hal tersebut selaras dengan semangat Presidensi G20 Indonesia untuk terus bekerja keras dan berkontribusi dalam menangani berbagai
permasalahan utama di dunia.



Simak Video "Sri Mulyani Ungkap BBM Subsidi Bakal Habis di Akhir September"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT