Airlangga Sebut Peluang RI Dilanda Resesi Sangat Kecil

ADVERTISEMENT

Airlangga Sebut Peluang RI Dilanda Resesi Sangat Kecil

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 17 Jul 2022 21:30 WIB
Lawatan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ke Jerman, Apa Hasilnya?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menilai potensi Indonesia jatuh ke jurang resesi sangat kecil. Meskipun saat ini sederet negara di dunia sudah jatuh resesi bahkan bangkrut.

Hal itu disampaikanya usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Managing Director IMF Kristalina Georgieva di Istana Bogor sore tadi.

"Indonesai melihat bahwa situasi domestik ktia relatif baik. Beberapa negara masuk resesi tapi Indonesia melihat potensi dari resesinya dibanding negara lain realtif sangat kecil, yaitu sekitar 3%," tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (17/7/2022).

Airlangga menjelaskan, dalam pertemuan dengan Kristalina, Jokowi berharap IMF mendukung acara G20 yang presidensinya sedang dipegang Indonesia. Dia juga berharap IMF bisa menaruh pandangan postif terhadap Indonesia dan negara berkembang lainnya.

"Karena kita sangat mengkhawaitrkan dengan kondisi inflasi yang naik di beberapa negara dan tingkat suku bunga akan masuk rezim baru, yaitu kenaikan tingkat suku bunga global," tuturnya.

Menurutnya rezim suku bunga tinggi di dunia diakuinya akan berpengaruh terhadap Indonesia, terutama dalam menjaring investasi asing masuk ke dalam negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga mengungkapkan bahwa Jokowi menyampaikan kebijakan fiskal dan moneter di Indonesia berjalan secara sinkron.

(das/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT