ADVERTISEMENT

Rogoh Rp 5 M Bisa Punya Trailer Kemping Mewah, Listrik hingga Air Aman

Dana Aditiasari - detikFinance
Senin, 18 Jul 2022 10:27 WIB
Living Vehicle
Foto: Living Vehicle
Jakarta -

Kemping dengan penuh kemewahan sepertinya jadi impian banyak orang. Tapi ada satu masalah penting yang jadi perhatian banyak orang saat kemping.

Lokasi terpencil yang jauh dari pemukiman dan kebisingan umumnya sulit untuk memperoleh akses listrik.

Tapi, masalah itu sepertinya bukan lagi masalah. Bulan lalu, Perusahaan yang berbasis di Santa Barbara, California meluncurkan trailer kemping yang sepenuhnya bertenaga surya.

Satu unit trailer kemping ini dibanderol dengan harga US$ 340.000. Dengan kurs dolar Amerika Serikat (AS) saat ini yang berada di kisaran Rp 14.974, maka warga RI butuh sekitar Rp 5,09 miliar untuk memboyong trailer kemping mewah ini.

Trailer kemping sepanjang 29 kaki dilengkapi dengan sistem energi bertenaga surya untuk sepenuhnya memberi daya seluruh perangkat Apple yang dipasang di dalam kendaraan.
Perusahaan mengatakan itu juga merupakan kendaraan pertama yang memproduksi air minum sendiri dari udara tipis.

Generator air atmosfer yang tersemat di trailer dibuat oleh perusahaan rintisan Israel Watergen. Generator ini bekerja dengan menarik uap air dari udara untuk menghasilkan 5 galon air minum setiap hari.

Mungkin banyak yang berfikir buat apa alat pembuat air? Toh kita bisa membawa cadangan dengan membelinya di kota terdekat selama perjalanan menuju lokasi kemping.

Nyatanya, dalam keadaan darurat akan sulit menemukan sumber air layak minum. Nah, trailer kemping bisa menyimpan hingga 100 galon air dan 80 pon propana untuk kompor dapur, pemanas, dan cadangan pembangkit, jika diperlukan.

Bersambung ke halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT