ADVERTISEMENT

Sosok Sukses Pengusaha Muda, Ikut Dongkrak Ekonomi Negeri

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 18 Jul 2022 11:40 WIB
Anggawira
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia menjadi titik balik bagi para pengusaha, ada yang berhasil bertahan ada juga yang tidak. Pengusaha sendiri memiliki peran dalam pemulihan ekonomi nasional, untuk itu diperlukan pengusaha tangguh yang mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman.

Salah satu sosok pengusaha tangguh yang dimiliki Indonesia adalah Anggawira, pengusaha muda kelahiran Indramayu, Jawa Barat yang kini menjabat sebagai Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI. Sebagai pengusaha tangguh, ia mengatakan pengalaman mengajarkan ia untuk berjejaring dan membangun super team.

"Sejak kecil saya tidak hanya bermimpi menjadi seorang pengusaha yang sukses tapi juga ingin menebar manfaat lewat organisasi. Jadi sejak SMP hingga bangku kuliah, saya sangat senang berorganisasi. Dari situlah saya memiliki jejaring dan super team untuk merintis usaha," kata Anggawira, Senin (18/7/2022).

Semasa kuliah di Jurusan Teknik Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, Anggawira aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Selain itu, Kampus IPB juga menyediakan banyak wadah bagi mahasiswa yang ingin menekuni entrepreneurship. Walaupun diakui pada masa itu organisasi mahasiswa berbasis entrepreneur belum banyak muncul seperti era setelah 2010.

"Waktu itu akhirnya saya ikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dimana kami membuat produk olahan dari susu," ujar pria kelahiran 9 Januari 1982 tersebut.

Setelah lulus pada tahun 2003, Anggawira lantas menjadi karyawan di sebuah perusahaan minyak dan gas internasional asal Prancis, yakni Total E&P. Saat itu juga sang ayah meninggal dunia, sehingga sebagai anak sulung Angga menjadi tumpuan harapan keluarga. Namun Anggawira merasa pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan tujuan hidupnya.

"Saya cuma bertahan setahun disana. Karena saya bosan dan merasa tidak leluasa mengembangkan kreativitas karena harus tunduk pada aturan," jelas Bakal Calon Ketua Umum HIPMI tersebut.

Setelah itu, selama dua tahun ia bekerja lepas dengan beberapa alumni IPB yang menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Ia bahkan sempat menjadi Staf Ahli selama setahun dari Anggota DPR RI, Alm. Tjahjo Kumolo yang kala itu berstatus Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Periode 2004-2009 dan Mantan Menteri Dalam Negeri.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT