ADVERTISEMENT

Pemerintah Tak Bisa Sendirian Genjot Ketahanan Pangan, BUMN Punya Peran?

tim detikcom - detikFinance
Jumat, 22 Jul 2022 12:00 WIB
Musim tanam padi dimulai di kawasan Bandung, Jawa Barat. Nah, seperti apa sih persiapan para petani? Penasaran?
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Ketahanan pangan jadi salah satu upaya yang terus didorong pemerintah. Hanya saja, upaya ini tak bisa hanya dibebankan pada pemerintah semata.

Butuh peran dan dukungan banyak pihak agar upaya mendorong ketahanan pangan nasional bisa tercapai. Salah satunya lewat dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

PT Timah Tbk Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat misalnya, berkolaborasi dengan Gapoktan Tanjung Jaya membentuk kawasan berbasis agribisnis.

Gapoktan Tanjung Jaya melaksanakan pertanian yang terintegrasi dengan peternakan dan perikanan. Program Pemberdayaan ini diawali dengan dibangunnya rumah pembibitan tanaman, peternakan bebek, dan pengolahan kompos.

Dari peternakan bebek yang mereka lakukan, daging dan telurnya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, kotoran bebeknya diolah menjadi kompos yang bisa dimanfaatkan untuk pupuk di rumah pembibitan. Tanaman yang ada di rumah pembibitan bisa dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari dan juga dijual.

Selain itu, di rumah pembibitan mereka juga menambah jenis tanaman seperti mangrove, cemara, jambu mete, dan buah-buahan. Pengembangan lainnya yang dilakukan ialah produk olahan keripik pisang yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani Kelurahan Tanjung.

Dalam mewujudkan kawasan berbasis agribisnis di Kelurahan Tanjung, Gapoktan Tanjung Jaya dibina oleh PT Timah Tbk. Selain itu, PT Timah Tbk juga berperan dalam pengembangan, peningkatan kualitas kelompok dengan pelatihan dan juga bantuan sarana dan prasarana.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT