ADVERTISEMENT

Punya Rp 1 M Sebelum 30 Tahun, Realistis atau Asa Belaka?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 23 Jul 2022 14:15 WIB
Ilustrasi keuangan atau kaya
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/howtogoto
Jakarta -

Sempat ramai di media sosial sebelum usia 30 tahun sudah harus punya Rp 1 miliar di rekening tabungan. Jika belum maka akan dinilai tak mampu mengelola keuangan dan lebih banyak nongkrong di kedai kopi.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengungkapkan jika ada anak muda yang sudah punya tabungan bahkan income Rp 1 miliar ada banyak kemungkinan yang ada pada dirinya.

"Saya akan percaya sepanjang ada hal-hal yang realistis seperti dia berasal dari keluarga kaya raya," kata dia saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/7/2022).

Jadi jika anak orang kaya maka dia bisa mengumpulkan uang jajan atau uang pemberian dari orang tuanya selama ini.

Kemudian anak muda itu memiliki pekerjaan yang bisa memberikan income yang masif dan tidak terbatas.

"Semisal berbisnis seperti jual beli sesuatu produk berupa barang ataupun jasa, ataupun menjadi agen penjualan seperti jadi asuransi, agen properti, atau ikut jadi member MLM," jelasnya.

Lalu ada juga kemungkinan menjadi trader, baik di pasar saham, forex, ataupun pasar crypto.

Menurut dia untuk mencapai Rp 1 miliar di usia di bawah 30 tahun pasti akan sulit jika tidak didukung oleh hal-hal lain.

Dibutuhkan waktu dan usaha ekstra. Jika pelaku bisnis dan penjualan harus diimbangi dengan omzet penjualan yang bagus. Tapi memang dibutuhkan waktu yang tidak instan.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT