ADVERTISEMENT

Jangan Sampai Rugi, Begini Tips Terhindar dari Air Minum Oplosan

tim detikcom - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 09:29 WIB
Sejumlah penghuni apartemen di kawasan Pluit, Jakarta Utara, menggunakan air galon isi ulang untuk mandi. Hal tersebut karena air dari apartemen kurang baik.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Mengkonsumsi produk oplosan juga produk palsu tentu memberikan kerugian tersendiri bagi konsumen.

Selain biaya lebih mahal yang harus ditanggung, konsumen juga harus menanggung biaya lebih bila produk yang dikonsumsi ternyata menimbulkan gangguan kesehatan.

Hal itu seperti disadari AQUA yang produknya dioplos oleh komplotan oknum seperti diungkap oleh Polres Cilegon.

Tak tinggal diam, AQUA cepat-cepat memberi imbuan konsumen untuk teliti sebelum membeli air kemasan galon AQUA untuk memastikan keaslian produk yang dibeli.

Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin menyampaikan sejumlah tips agar konsumen dapat memastikan bahwa produk yang dibeli dan dikonsumsi asli dan terhindar dari pemalsuan.

"Ciri pertama, galon asli tutupnya berwarna kombinasi biru dan putih, pada bagian permukaan tutup Aqua galon terdapat tulisan berlogo DanoneAQUAdan lambang AQUA QUALITY COMMITMENT (AQC), ada kode produksi di tutup galon yang sama kodenya dengan di badan galon pada lekukan ketiga atau yang pertama," ujar Arif.

Pada badan galon di lekukan ketiga setelah bahu galon tersebut, terdapat kode BB, yang bertuliskan print tinta hitam yang menunjukkan tanggal, bulan dan tahun pembuatan. Pastikan cetakan tanggal kedaluwarsa dalam keadaan sempurna, terbaca jelas dan produk tidak kedaluwarsa.

"Pada bagian badan galon terdapat tulisan AQUA timbul, di tengah badan galon terdapat label yang berlogo Danone AQUA," jelas Arif.

Setelah itu, pada bagian segel tutup galon terdapat model droplet atau tetes air yang digunakan sebagai alur pembuka. Pada saat membuka tutup galon, alurnya dalam keadaan rapi dan tidak seperti sudah dibuka.

Setiap galon AQUA berisi air bersih 19 liter. Pastikan air di dalam galon tampak bening dan tidak berbusa.

Setiap produk AQUA yang asli tidak mengeluarkan aroma apapun, air terasa segar saat diminum, dan tidak memberikan rasa keset.

Arif berpesan kepada konsumen untuk mencegah praktik pemalsuan AQUA yakni dengan merusak tutup galon setelah dibuka agar tutup tak dapat digunakan lagi. Kemudian, saat menuang ke dispenser, jangan menyentuh leher botol.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT