ADVERTISEMENT

5 Jurusan Kuliah yang Bisa Dapat Gaji Tinggi, Tertarik?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 27 Jul 2022 18:30 WIB
Young Asian business woman receiving salary or bonus money from boss or manager at office happily.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Domepitipat
Jakarta -

Memiliki gaji tinggi setelah lulus kuliah tentu jadi impian semua orang. Jadi jika kamu termotivasi kuliah untuk mendapatkan pekerjaan bagus dengan gaji yang tinggi, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk masuk jurusan kuliah ini.

Terlebih mengingat prospek dunia kerja yang semakin berkembang membuat kebutuhan SDM di bagian tertentu menjadi tinggi. Hal ini membuat posisi pekerjaan dari lulusan tertentu menjadi banyak dicari.

Karena sulitnya mengisi posisi itu, gaji yang ditawarkan juga tinggi. Berdasarkan catatan detikcom, berikut 5 jurusan kuliah dengan peluang gaji tinggi saat bekerja nanti:

1. Teknik Komputer

Teknik Komputer merupakan jurusan yang berfokus pada pengetahuan akan software dan programming. Baik dalam bentuk web ataupun mobile. Jurusan Teknik Komputer ini juga identik dengan computer programming.

Mereka yang menekuni jurusan tersebut pengaplikasiannya lebih kepada peningkatan teknologi aplikasi, software dan manajemen sistem infrastruktur. Besaran peluang gaji jurusan teknik komputer per tahunnya sebesar Rp 1,43 miliar atau setara dengan USD 101.000.

Beberapa universitas yang memiliki jurusan Teknik Komputer yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dan masih banyak lagi.

2. Teknik Dirgantara

Jurusan Teknik Dirgantara ini kerap disebut sebagai jurusan pencetak pilot. Ilmu-ilmu yang dipelajari juga sangat luas. Dikutip dari situs resmi Institut Teknologi Bandung (ITB), Teknik Dirgantara membahas Aeronotika dan Astronautika.

Kedua ilmu tersebut berkaitan dengan bidang kedirgantaraan, baik itu perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat terbang. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari wahana antariksa lain.

Besaran peluang gaji jurusan Teknik Dirgantara per tahunnya mencapai Rp 1,42 miliar atau setara dengan USD 100.000. Jurusan ini dapat dijumpai di ITB, Politeknik Negeri Bandung, dan universitas lainnya.

3. Arsitektur

Jurusan kuliah ketiga yang berpeluang mendapatkan gaji tinggi yaitu Arsitektur. Mereka yang telah lulus program studi arsitektur dapat disebut sebagai arsitek. Pekerjaannya sendiri menciptakan ruang untuk kebutuhan manusia.

Desain dan rancangan seorang arsitek memiliki karakteristik seperti kegunaan, kekokohan dan keindahan. Kisaran peluang gaji per tahun yang akan didapatkan oleh jurusan Arsitektur yaitu sebesar Rp 1,28 miliar atau setara dengan USD 90.000.

Jurusan Arsitektur bisa ditemui di ITB, Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (Undip), dan lain-lainnya.

4. Ilmu dan Teknologi Transportasi

Jurusan kuliah selanjutnya yang memiliki peluang gaji besar di Indonesia yaitu Ilmu dan Teknologi Transportasi. Jurusan ini mempelajari tentang tata cara mengelola transportasi, baik itu transportasi darat, laut, maupun udara.

Besaran peluang gaji yang akan diterima per tahunnya bagi jurusan Ilmu dan Teknologi Transportasi yaitu Rp 1,22 miliar atau setara dengan USD 86.000. Salah satu kampus yang memiliki jurusan Ilmu Teknologi dan Transportasi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti.

5. Jasa Konstruksi

Jurusan Jasa Konstruksi merupakan jurusan khusus untuk kalian yang memiliki minat di bidang desain bangunan dan konstruksi. Biasanya, mereka yang memilih jurusan ini memiliki dasar yang kuat di bidang matematika, menggambar dan sejarah.

Kisaran peluang gaji per tahun yang akan didapatkan oleh jurusan Jasa Konstruksi yaitu Rp 1,13 miliar atau setara dengan USD 80.000. Jurusan Jasa Konstruksi dapat dijumpai di ITS, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), dan lain sebagainya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT