ADVERTISEMENT

UMKM Mau Dapat Pinjaman Modal Rp 100 Juta? Begini Caranya!

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 27 Jul 2022 15:30 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dinilai jadi motor penggerak ekonomi. Namun, persoalan klasik kerap dialami oleh UMKM adalah pembiayaan.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UMKM di tanah air yang kini jumlahnya mencapai 64,2 juta ini, memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan yang signifikan, khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja.

PT Brilliant Ecommerce Berjaya (Mbizmarket) bekerja sama dengan Nobu Bank untuk menyediakan pembiayaan bagi UMKM. Hal ini dilakukan demi membantu UMKM yang memiliki kendala keuangan terutama yang terpukul akibat pandemi COVID-19.

"Pinjaman KUR hingga Rp 100 juta diberikan untuk para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung di Mbizmarket dengan lama usaha lebih dari 6 (enam) bulan serta memenuhi ketentuan dan persyaratan kredit yang ditetapkan berdasarkan ketentuan pemerintah dan bank tentang KUR yang berlaku," ujar Steve Marciano Joe, Head of Retail Banking Nobu Bank dalam keterangan persnya, Rabu (27/7/2022).

Steve mengatakan, syarat yang harus dipenuhi pun cukup mudah. Pinjaman diberikan tanpa menggunakan agunan/barang jaminan, pencairan dilakukan secara cashless langsung ke rekening Nobu Bank milik nasabah, serta tersedia pembayaran autodebet dari rekening Nobu Bank, merupakan fitur dari Produk KUR yang ditawarkan oleh Nobu Bank.

Persyaratan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KUR terdiri atas e-KTP pemohon dan pasangan (apabila sudah menikah), kartu keluarga, akta nikah (apabila sudah menikah), dan Surat Keterangan Usaha / Nomor Induk Berusaha (SKU/NIB). Sedangkan untuk pinjaman di atas Rp 50 juta, diperlukan dokumen tambahan berupa NPWP. Keuntungan lain adalah angsuran pembayaran KUR dari Bank Nobu hanya dikenakan bunga 3% efektif per tahun berlaku hingga dengan 31 Desember 2022, serta bebas biaya administrasi maupun biaya provisi hingga 31 Desember 2022. Selain itu prosesnya pengajuannya pun dilakukan secara digital (paperless), setiap debitur tidak perlu datang ke kantor cabang Nobu Bank.

CEO Mbizmarket Rizal Paramarta menambahkan, pelaku usaha UMKM yang telah bergabung dan bertransaksi di Mbizmarket, akan mendapat kemudahan untuk mengakses pendanaan KUR dari Nobu Bank. Caranya mudah, UMKM yang memerlukan dana, cukup mengisi formulir elektronik (e-form) dan menyertakan kelengkapan data dan dokumen yang diperlukan.

"Selanjutnya, Nobu Bank akan melakukan evaluasi dan proses persetujuan kredit sesuai ketentuan pemerintah dan bank yang berlaku terkait program KUR ini. Kami berharap selanjutnya para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini, dengan meningkat transaksi di Mbizmarket, dan menjadikannya sebagai alat pencatatan transaksi dagang digital yang dapat bermanfaat di kemudian hari" ujar Rizal.



Simak Video "Jokowi Bicara Horor 90 Persen Startup Gagal saat Merintis"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT