ADVERTISEMENT

Nggak Sangka! China Si Tukang Kredit Juga Punya Utang 'Segunung'

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 14:08 WIB
Apakah China membebani negara-negara miskin dengan utang yang sulit dibayar?
Utang China/Foto: BBC World
Jakarta -

China merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai kreditur atau pemberi utang alias tukang kredit terbesar di dunia. Dalam hal ini, mungkin kerap muncul pertanyaan, sebagai negara yang suka memberi pinjaman apakah China juga memiliki utang atau tidak?

Sama dengan negara lain, China juga memiliki utang baik itu utang domestik ataupun utang terhadap negara lain.

Melansir dari situs South China Morning Post, Kamis (28/7/2022), utang dalam negeri China (dalam mata uang yuan) terdiri dari tiga komponen, yakni utang perusahaan, rumah tangga, dan pemerintah.

Utang korporasi mencakup pinjaman oleh sektor swasta dan perusahaan milik negara. Utang publik merupakan gabungan dari utang pemerintah pusat dan daerah. Sedangkan utang rumah tangga adalah utang gabungan semua orang dalam rumah tangga, termasuk utang konsumen dan pinjaman hipotek.

Di sisi lain, utang luar negeri China (dalam mata uang selain yuan) termasuk pinjaman perusahaan sektor swasta dari bank asing, kredit terkait perdagangan ke perusahaan China dari mitra dagang asing, dan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan milik negara dan sektor swasta China kepada investor asing.

South China Morning Post (SCMP) melaporkan hingga 2020 lalu, utang luar negeri China telah mencapai US$ 2,4 triliun atau sekitar Rp 36.000 triliun (kurs Rp 15.000/dolar AS).

Dengan demikian, lembaga Keuangan dan Pembangunan Nasional China (NFID) memperkirakan utang China secara keseluruhan pada 270,1 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada akhir 2020. Angka tersebut naik dari yang sebelumnya sebesar 246,5% pada akhir 2019.

Adapun kenaikan tingkat utang China ini terjadi sebagai akibat dari kebijakan fiskal yang lebih longgar untuk membantu menghidupkan kembali ekonomi yang dilanda virus corona.

Jadi dapat disimpulkan bahwa meski China sering memberikan utang terhadap negara lain, Negeri Tirai Bambu ini sendiri juga memiliki utang, baik itu utang domestik ataupun utang luar negeri.

Simak juga Video: 7 MoU yang Dihasilkan dari Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT