ADVERTISEMENT

Mau Buka Indomaret Sendiri? Ini Syarat dan Modal yang Diperlukan

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 29 Jul 2022 18:30 WIB
Salah satu Indomaret di Bekasi
Cara Buka Gerai Indomaret Sendiri/(Karin-detikcom)
Jakarta -

Bisnis minimarket Indomaret mungkin bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin membuka usaha. Terutama bagi kamu yang hendak membuka bisnis di sektor ritel.

Nah jika kamu sudah memutuskan untuk membeli hak waralaba Indomaret, setidaknya terdapat sejumlah syarat dan langkah yang perlu dipernuhi terlebih dahulu. Melansir dari situs resmi perusahaan, berikut langkah awal yang harus dipenuhi adalah :

Syarat Buka Gerai Indomaret

1. Warga Negara Indonesia
2. Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
3. Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
4. Menyediakan dana investasi
5. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret

Tahapan kerja sama :

1. Presentasi pertama

Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

2. Presentasi kedua

Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

3. Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera sebelum toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Adapun rincian estimasi investasi yang diperlukan adalah sebagai berikut:

- Franchise fee untuk 5 tahun Rp 36 juta
- Promosi dan persiapan pembukaan toko Rp 9,5 juta
- Renovasi dan tambah daya listrik Rp 170,5 juta (estimasi biaya renovasi bangunan apabila bangunan awal bukan ruko, maka akan ada penyesuaian biaya)
- Peralatan elektronik dan non-elektronik Rp 178 juta

Jika ditotal, maka investasi yang dibutuhkan untuk buka gerai Indomaret dengan sistem waralaba sebesar Rp 394 juta. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut dapat berbeda tergantung pada kondisi bentuk bangunan dan tipe toko.

Untuk informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pendaftaran, kamu dapat mengunjungi situs resmi perusahaan di indomaret.co.id

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT