ADVERTISEMENT

Lebih Kaya Mana, Pemilik Indomaret Atau Alfamart?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Sabtu, 30 Jul 2022 16:00 WIB
donat indomaret
Lebih Kaya Mana, Pemilik Indomaret Atau Alfamart? Foto: istimewa
Jakarta -

Indomaret dan Alfamart bisa dibilang merupakan jaringan retail minimarket paling dikenal masyarakat. Kedua minimarket ini telah memiliki ribuan gerai di Indonesia.

Belum lagi gerai-gerai dari kedua minimarket ini biasanya berdiri di lokasi yang sangat berdekatan. Membuat nuansa "persaingan" antara kedua jaringan retail ini semakin tinggi?

Siapa yang lebih kaya, pemilik Indomaret atau Alfamart?

Diketahui, kedua minimarket tersebut dimiliki oleh dua taipan Indonesia. Anthoni Salim pemilik Indomaret dan Djoko Susanto pemilik Alfamart.

Anthoni Salim merupakan orang di balik besarnya perusahaan jaringan retail Indomaret. Selain itu di juga merupakan sosok di balik besarnya bisnis mie instan Indofood, salah satu produsen mie instan Indomie terbesar di Tanah Air.

Berdasarkan laporan dari Forbes, Anthoni Salim dan Keluarga memiliki total kekayaan hingga US$ 8,5 miliar atau setara dengan Rp 127,5 triliun (berdasarkan kurs dolar saat ini, Rp 15.000/dolar AS).

Berkat itu, Anthoni Salim dan Keluarga sekarang ini berada di posisi ke-3 dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes, tepat berada di bawah R. Budi & Michael Hartono; dan keluarga Widjaja.

Sementara itu, Djoko Susanto adalah pemilik dari Alfamart, salah satu jaringan ritel yang tersebar di berbagai wilayah hingga pelosok Indonesia.

Nama Djoko Susanto sendiri masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Forbes mencatat harta kekayaannya mencapai US$ 1,45 miliar atau setara Rp 21,75 triliun. Hartanya ini tak ia dapat dengan mudah begitu saja.

Alfamart yang kini menjamur di berbagai daerah. Alfamart memiliki lebih dari belasan ribu cabang di seluruh Indonesia. Alfamart yang berada di bawah naungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk itu kini berada di bawah pengawasan kedua anak Djoko yakni Feny Djoko Susanto sebagai Presiden Komisaris, dan Budi Djoko Susanto sebagai Komisaris.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT