ADVERTISEMENT

Stasiun BNI City Jadi Naik Turun KRL, Penumpangnya Ramai?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Minggu, 31 Jul 2022 21:00 WIB
Mulai hari ini, Sabtu 30 Juli 2022, Stasiun BNI City melakukan uji coba pelayanan penumpang KRL. Sebelumnya, stasiun ini hanya melayani penumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta.
Stasiun BNI City Mulai Uji Coba Layani KRL (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Stasiun BNI City telah melayani naik dan turun pengguna KRL sejak hari Sabtu 30 Juli 2022 kemarin. Stasiun yang awalnya cuma dipakai untuk stasiun bandara ini kini punya fungsi baru sebagai pemberhentian KRL Commuter Line.

Sejauh ini, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyatakan sudah cukup banyak pengguna yang menggunakan stasiun ini, namun operasinya diklaim lancar dan terkendali. Hingga pukul 13.00 WIB hari ini, tercatat total pengguna yang naik di Stasiun BNI City sebanyak 197 orang, sedangkan yang turun sejumlah 862 orang.

Sementara itu untuk uji coba pada hari pertama pada Sabtu 30 Juli kemarin tercatat total pengguna 3.149 orang. Rinciannya, penumpang yang naik sebanyak 761 orang dan yang turun sebanyak 2.388 orang.

"Pada ujicoba pengoperasian layanan KRL di Stasiun BNI City, sebanyak 199 perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi - Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai akan melayani naik turun penggunanya di stasiun ini. Pelayanan perjalanan KA Bandara relasi Manggarai-Bandara Soekarno Hatta PP juga tetap dioperasikan sebanyak 40 perjalanan tiap harinya," papar Anne dalam keterangannya, Minggu (31/7/2022).

Fasilitas pelayanan penggunaan KRL juga telah disiapkan di Stasiun BNI City. Mulai dari loket, tujuh buah gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna, tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun, serta menyiagakan petugas-petugas untuk membantu pengaturan flow dan memberikan informasi kepada penumpang di area stasiun.

Bagi pengguna KRL yang turun di Stasiun BNI City dari arah Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Manggarai, KRL akan berhenti di peron 2 sedangkan KRL dari arah Manggarai akan berhenti di peron 1. Untuk pengguna yang hendak keluar stasiun, bisa menggunakan lift ataupun eskalator di masing-masing peron.

"KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna yang akan naik KRL ataupun KA Bandara di Stasiun BNI City jangan sampai salah naik KA, selalu dengarkan informasi dan ikuti arahan dari petugas di lapangan," ungkap Anne.

Anne menyatakan pihaknya juga mencatat total volume pengguna KRL sepanjang minggu lalu sebanyak 4.285.079 orang, angka tersebut naik 2% dibanding dengan volume pengguna pada minggu sebelumnya yaitu sebanyak 4.209.078 orang.

Sedangkan rata-rata volume pengguna dalam satu minggu ini sebanyak 612.154 orang per hari. Sepanjang Juli 2022 ini tercatat volume pengguna KRL Jabodetabek sebanyak 18.455.416 orang atau rata-rata sebesar 615.181 pengguna tiap hari nya.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT