ADVERTISEMENT

Tiket Pulau Komodo Naik Jadi Rp 3,75 Juta, Pelaku Wisata Mogok Kerja Sebulan

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 01 Agu 2022 11:53 WIB
Illustrasi komodo di Taman Nasional Pulau Komodo, NTT
Tiket Pulau Komodo Rp 3,75 Juta, Pelaku Wisata Mogok Kerja Sebulan/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Tiket masuk ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi naik per hari ini, Senin 1 Agustus menjadi Rp 3,75 juta. Menyikapi hal ini, asosiasi pelaku pariwisata di Labuan Bajo kompak menolak.

Beredar video di media sosial Twitter @KawanBaikKomodo terkait aksi penolakan ini. Terlihat seorang wanita berpakaian hijau perwakilan pelaku pariwisata membacakan nota kesepahaman. Ia menyebut kebijakan ini akan dimonopoli oleh PT Flobamor.

"Menyadari konsekuensi dari kebijakan kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo yang dimonopoli oleh PT Flobamor, sehingga menyebabkan kemiskinan seluruh pelaku pariwisata serta masyarakat Kabupaten Manggarai Barat, serta masyarakat Indonesia," katanya dikutip Senin (8/1/2022).

Dikutip dari detikTravel, Pemerintah Provinsi NTT melalui PT Flobamor akan mengelola tiket masuk ke Pulau Komodo. Mereka akan mendominasi sektor hulu dan hilir pariwisata di Pulau Komodo.

Dalam video yang sama, pelaku pariwisata di Labuan Bajo sepakat melakukan aksi mogok selama satu bulan. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes atas kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Kami bersepakat untuk menghentikan semua jenis pelayanan jasa pariwisata di kepulauan taman nasional dan di seluruh destinasi di Kabupaten Manggarai Barat mulai 1-31 Agustus 2022," tambahnya.

Sebagai informasi, tarif masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo naik dari sebelumnya Rp 200 ribu menjadi Rp 3,75 juta. Pemerintah beralasan perlu mengambil kebijakan ini karena alasan konservasi atau melindungi habitat komodo.

Dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut jika tarif ke Pulau Komodo akan tetap naik. Ia menyebut ingin menerapkan konservasi namun tetap menjalankan ekonomi lewat pariwisata.

"Mengenai bayarnya berapa? Tetap. Tetapi kalau mau 'wah pak saya pengin sekali lihat yang di Pulau Komodo', ya silakan, nggak apa-apa juga. Tapi ada tarif yang berbeda," ujar Jokowi.

Simak Video: Pelaku Pariwisata Labuan Baju Mogok Imbas Tarif Rp 3,75 Juta

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT