ADVERTISEMENT

Grand Inna Bali Beach Tutup 2 Tahun, 245 Karyawan Pilih PHK

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 01 Agu 2022 12:04 WIB
Suasana di Grand Inna Bali Beach Resort di Jalan Hang Tuah Sanur, Denpasar, Bali.
Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali
Jakarta -

Kawasan Grand Inna Bali Beach akan dikembangkan menjadi kawasan Kesehatan. Sejalan dengan langkah tersebut, seluruh unit hotel sebagai alat produksi saat ini menjalani revitalisasi melalui renovasi.

Akibatnya, hotel BUMN itu harus tutup dan berhenti beroperasi sekitar 1,5 tahun hingga 2 tahun. Kondisi ini mengakibatkan tidak ada pekerjaan lagi untuk karyawan.

"Berkenaan dengan hal tersebut, maka perusahaan menawarkan pemutusan kerja kepada karyawannya, di mana nantinya kalau revitalisasi selesai, eks karyawan bisa kembali lagi mendaftar untuk bekerja di kawasan ini, dan akan lebih banyak kebutuhan lapangan pekerjaan," kata Corporate Secretary PT Hotel Indonesia Natour Novianty dalam keterangan tertulis, Senin (1/8/2022).

Ia mengatakan, duapertiga karyawan Grand Inna Bali Beach menyambut baik program yang ditawarkan perusahaan pelat merah tersebut.

"Sebanyak 245 karyawan hotel Grand Inna Bali Beach Bali mengikuti program yang ditawarkan perusahaan mengingat perusahaan menunjukkan perhatian yang besar dengan memberikan 'percepatan pembayaran upah berkelipatan' delapan, enam, dan empat bulan dari upah pokok serta pelatihan kewirausahaan yang dapat membantu karyawan apabila akan mengembangkan kegiatan usaha," katanya.

Menurutnya, hal tersebut diberikan perusahaan disamping hak yang diterima karyawan sesuai ketentuan perundang- undangan.

"Sebagai upaya membantu karyawan untuk kemungkinan meniti karir di tempat lain, perusahaan juga memberikan surat referensi bagi mereka yang memerlukan," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan karyawan Grand Inna Bali Beach menolak pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh PT Hotel Indonesia Natour. Mereka menuntut untuk dipekerjakan lagi.

Tuntutan itu disampaikan karyawan Grand Inna Bali Becah dalam forum mediasi, Sabtu (30/7/2022). Juru bicara sekaligus salah satu karyawan Grand Inna Bali Beach yang terkena PHK, Made Karta (44), membeberkan alasan penolakan PHK itu.

Dia bilang pesangon yang diberikan tidak sesuai dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

"Kami juga inginnya dari 137 teman-teman ini atau mungkin kalau tidak semuanya, khususnya teman-teman yang masih muda, agar ada kesempatan kembali bekerja," kata Made Karta ketika ditemui detikBali usai acara mediasi di Grand Inna Heritage Hotel, Denpasar, Bali.

Simak juga Video: Twitter Dibayang-bayangi Ancaman PHK Usai Batal Dibeli Elon Musk

[Gambas:Video 20detik]



(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT