ADVERTISEMENT

Erick Thohir Singgung Pengusaha Kontrakan Pakai Listrik Subsidi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 03 Agu 2022 19:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pemerintah terus mendorong agar subsidi tepat sasaran. Maka itu, konsolidasi data merupakan sesuatu yang penting.

Erick mengatakan, pemerintah tak mungkin terus memberikan subsidi pada orang yang mampu. Seperti halnya listrik, pemerintah memutuskan untuk menaikkan tarif untuk golongan 3.500 VA ke atas.

"Di subsidi ini juga kita dorong dan tidak mungkin pemerintah akan terus mensubsidi orang mampu. Seperti PLN kenapa yang 3.500 VA ke atas harus naik," katanya dalam seminar 'Menuju Masyarakat Cashless', Rabu (3/8/2022).

Erick sendiri menduga, penyaluran ini ada yang tidak tepat sasaran. Menurutnya, ada pengusaha kontrakan yang memakai listrik subsidi.

"Saya bukan anti bisnis kontrakan jangan salah. Ketika ada pengusaha yang punya bisnis kontrakan di mana-mana, per kamarnya dia pecah-pecah listriknya, lalu disewakan dengan jutaan tapi bayar listriknya subsidi, nah ini kan kembali tidak sehat," katanya.

"Bukan berarti kita anti, kita harus memperbaiki supaya apa, subsidi tepat sasaran," tambahnya.

Erick menambahkan, penyaluran BBM subsidi juga mesti tepat sasaran.

"Seperti juga tentu BBM. BBM tidak mungkin dengan sekarang subsidi yang diberikan pemerintah ratusan triliun dan kalau kita lihat harga-harga BBM luar negeri yang sudah sangat mahal, tapi kita membiarkan, mohon yang naik Alphard, saya juga naik Alphard, ketika masih isi Pertalite," terangnya.



Simak Video "Baliho 'Erick Thohir for Presiden 2024' Bertebaran di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT