ADVERTISEMENT

Kuasai Pasar Minyak Kayu Putih di RI, Siapa Pendiri Cap Lang?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 05 Agu 2022 07:00 WIB
eucalyptus essential oil in bowl, with eucalyptus leaves on wooden background
Minyak Kayu Putih/Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz
Jakarta -

Minyak kayu putih Cap Lang adalah produk yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang sudah sangat familiar dengan Cap Lang, sampai-sampai menyebut semua merek minyak kayu putih adalah Cap Lang.

Kesuksesan ini tentunya tidak datang secara tiba-tiba, melainkan melalui proses yang cukup panjang sebelum akhirnya bisa menjadi sekarang ini. Sebab Cap Lang sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yang didirikan pada 1973.

Itu artinya sudah hampir 50 tahun Cap Lang berdiri dan masih bertahan hingga saat ini. Melansir Lifepal, sejarah Cap Lang ternyata berasal dari luar negeri.

Penemu ramuan tersebut adalah seorang ahli kimia asal Jerman bernama William Hoffman. Ramuan tersebut udah diciptakan sejak tahun 1932 di Singapura. Bahkan, produk tersebut diberi nama Minyak Angin Jerman Cap Lang.

Pada tahun 1970-an, pemerintah menganjurkan agar semua produk obat-obatan yang dikonsumsi di Indonesia harus diproduksi di negeri ini juga. Akhirnya, pada tahun 1973, pabrik Cap Lang resmi dipindahkan ke Indonesia di bawah pimpinan presiden direktur Edy H. Tjugito.

Adapun dalam prosesnya, perusahaan yang menaungi Cap Lang adalah PT. Eagle Indo Pharma. Sejak resmi jadi produk lokal Indonesia, Minyak Angin Jerman Cap Lang berubah nama jadi minyak kayu putih Cap Lang.

Seiring waktu berlalu, Cap Lang senantiasa berinovasi menyajikan beragam produk berkualitas. Pengembangannya pun dilakukan oleh putra-putri Indonesia.

Sebagai perusahaan yang sudah cukup lama berdiri, tentunya Cap Lang telah membuat berbagai macam produk yang sukses dan merebut hati para penggunanya. Terlebih lagi, pasar minyak kayu putih maupun minyak gosok di Indonesia memang dikuasai oleh produk-produk dari PT Eagle Indo Pharma tersebut.

Nah, apa saja produk-produk yang sudah dikeluarkan oleh Cap Lang tersebut, berikut daftarnya:

Daftar Produk Cap Lang

1. Balsem Aktif
2. Balsem Lang
3. Balsem Otot Geliga
4. Balsem Stick Geliga
5. Eucalyptus Spray
6. Green Oil
7. iFree
8. Inhaler Lang
9. Krim Otot Geliga
10. Menthol Cone
11. Minyak Angin Lang
12. Minyak Angin Mamo
13. Minyak Gandapura
14. Minyak Ekaliptus
15. Minyak Kayu Putih Cap Lang
16. Minyak Otot Geliga
17. Minyak Sitronela
18. Minyak Telon Cap Lang
19. Minyak Urut GPU
20. Norit
21. Ready Plast
22. V Fresh

Itu dia daftar produk-produk dari Cap Lang.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT