ADVERTISEMENT

Persaingan Antar e-Commerce, Siapa yang Paling Dipercaya UMKM buat Jualan?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 04 Agu 2022 18:01 WIB
ilustrasi paket ecommerce
Foto: Shutterstock

Riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id berlangsung dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah sebanyak 60 persen, dari pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30 persen, dan dari luar pulau Jawa sebanyak 10 persen.

Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60 persen responden merupakan laki-laki dan 40 persen adalah perempuan.

tSurvey.id merupakan platform survei digital dari Telkomsel yang menawarkan solusi Data Solutions bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Kapabilitas platform tSurvey.id diperkaya dengan data insight telco dari lebih dari 170 juta pelanggan sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profiling yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survey yang user friendly.

tSurvey.id dapat membantu pelaku riset untuk menangkap berbagai insight dari pelanggan se-Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat.

"Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform.

Ke depannya, Telkomsel akan terus mengakselerasi pengembangan inovasi dan teknologi terdepan, serta membuka lebih banyak peluang kemajuan di industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data melalui tSurvey.id," ujar Alfian.


(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT