ADVERTISEMENT

Belanja-Bayar Pajak Online Lewat Tokopedia di Sulsel Naik Signifikan

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 13:09 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal hingga ke seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Sulawesi Selatan, demi mendorong pemulihan ekonomi nasional. Inisiatif ini juga mampu meningkatkan transaksi belanja online di Sulawesi Selatan.

"Sederet inisiatif turunan Hyperlocal, seperti Kejar Diskon dan Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Makassar yang dihadirkan turut mendorong kenaikan transaksi belanja online masyarakat di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar," ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Menurut temuan Tokopedia, transaksi belanja online di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar meningkat hampir 2x lipat pada semester 1 dibandingkan pada periode sama 2021.

"Berkat antusiasme masyarakat Kota Daeng berbelanja online, kategori Otomotif, Makanan & Minuman, Rumah Tangga, Elektronik, dan Kesehatan menjadi paling populer di pertengahan tahun pertama 2022," ungkap Ekhel.

Sementara itu, Kota Pare Pare, Kab. Gowa, Kota Makassar, Kab. Bone, dan Kab. Maros, menjadi kota di Sulawesi Selatan dengan pertumbuhan transaksi tertinggi pada kuartal II 2022.

Di sisi lain, dengan komitmen mendorong pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi, Tokopedia bekerja sama dengan mitra strategis. Salah satunya dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan maupun pemerintah di berbagai Kota dan Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Tokopedia berkolaborasi untuk menyediakan fitur pelayanan pajak digital yaitu pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atau E-Samsat, dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Menurut temuan Tokopedia pada semester 1 2022, transaksi E-Samsat di Provinsi Sulawesi Selatan di Tokopedia meningkat hingga 3x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode sama 2021. Kontribusi signifikan ditunjukkan oleh pembayaran di Kota Makassar.

Sedangkan transaksi pembayaran Pajak PBB sepanjang semester 1 tahun 2022 di berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan meningkat lebih dari 5x lipat dibandingkan periode yang sama di 2021.

Prestasi penerimaan digital ini diharapkan menjadi data optimis dalam memasuki bulan pajak nasional untuk pembayaran PBB tahun 2022. Selain itu, diharapkan mampu memperkuat komitmen Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di kota dan kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan agar masyarakat membayar pajak sebelum jatuh tempo.

"Dengan meningkatnya jumlah transaksi belanja online dan pajak digital, Tokopedia akan terus optimis memudahkan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Serta secara konsisten mendukung upaya reformasi birokrasi dan peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Sulawesi Selatan. Sehingga mempermudah membayar pajak hanya menggunakan aplikasi Tokopedia lewat genggaman tangan," ucap Ekhel.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT