ADVERTISEMENT

Jurus KKP Perluas Jaringan Pasar Ikan Hias Air Tawar di RI

Sukma Nur Fitriana - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 18:30 WIB
Jurus KKP Perluas Jaringan Pasar Ikan Hias Air Tawar di RI
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama pimpinan Kalikan.id Dian Rachmawan (paling kiri) dan rombongan. (Foto. Dok. KKP)
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kalikan.id merancang strategi perluasan jaringan pasar ikan hias air tawar. Hal ini dilakukan guna mendukung produktivitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikan hias di Indonesia.

"Bisnis ikan hias itu dahsyat, jika berhasil mengelolanya akan menghasilkan multiplier effect, utamanya dampak usaha ikan hias terhadap kemajuan UMKM dan kebutuhan ekspor," ungkap Menteri Trenggono dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Hal tersebut ia sampaikan saat melakukan audiensi dengan manajemen Kalikan.id yang dipimpin oleh Dian Rachmawan di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta Pusat hari ini.

Strategi yang saat ini tengah dirancang di antaranya adalah dengan memanfaatkan platform digital Kalikan.id sebagai sarana promosi yang bisa dimanfaatkan para komunitas ikan hias air tawar di Indonesia. Platform tersebut bisa dimanfaatkan oleh pembudidaya, pemasar, hingga para penghobi.

Selain itu, KKP bersama Kalikan.id juga berencana menggelar pameran ikan hias air tawar secara rutin dengan melibatkan stakeholder dari dalam dan luar negeri. Rencananya pameran secara perdana akan digelar pada bulan Oktober 2022 di Jakarta. Selanjutnya, pameran akan digelar di kota-kota sentra UMKM ikan hias air tawar di seluruh Indonesia.

"Di samping strategi pemasarannya, di bagian produksinya juga tentu harus kita perhatikan bersama, bagaimana pasokan pakan karena ini mempengaruhi kualitas ikan-ikan hias yang dihasilkan," kata Trenggono.

Saat ini, nilai ekspor ikan hias Indonesia mengalami peningkatan signifikan pada periode tahun 2017-2021, dari USD 27,6 juta pada tahun 2017 menjadi USD 34,5 juta pada tahun 2021. Tercatat pada tahun 2021, ekspor ikan hias didominasi oleh ikan hias air tawar sebesar 80,63% atau senilai USD 27,8 juta dan sisanya ikan hias air laut sebesar 19,37% atau senilai USD 6,7 juta.

Sampai dengan Juni 2022, nilai ekspor ikan hias mencapai USD 17,61 juta dengan volume sebesar 783,95 ton dengan negara tujuan utama Amerika Serikat (11,91%), Jepang (11,58%) dan Taiwan (10,60%). Adapun jenis ikan hias yang paling diminati adalah arwana (super red dan jardini), cupang, botia, koi, maskoki, oscar dan lain-lain.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT