ADVERTISEMENT

Siap-siap Naik! Ini Daftar Harga Indomie cs Hari Ini

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 11:59 WIB
Serangan Rusia ke Ukraina Dapat Menaikan Harga Mi Instan di Seluruh Dunia, Termasuk Indonesia
Harga Mi Instan Diprediksi Naik/Foto: ABC Australia
Jakarta -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa akan ada dampak besar dari perang antara Rusia dan Ukraina. Salah satunya dampaknya adalah akan adanya kenaikan harga mi instan.

Ia memprediksi bahwa nilai kenaikannya bakal terasa signifikan dari yang terjadi saat ini. Bahkan dikatakan bahwa nilainya bisa mencapai 3x lipat dari harga saat ini.

"Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, dimana ada 180 juta ton gandum nggak bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3x lipat," katanya dalam webinar Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia.

Dikatakan bahwa kenaikan harga bisa saja terjadi karena bahan baku mi instan (gandum) sangat bergantung pada impor. Sebab sebagai mana diketahui, saat ini Rusia dan Ukraina merupakan negara penghasil gandum terbesar dunia.

Kedua negara menyuplai sekitar 30-40% dari kebutuhan gandum dunia. Dengan situasi perang saat ini, gandum menjadi langka karena pasokan terhambat. "Saya bicara ekstrem aja, ada gandum tapi harganya mahal banget. Sementara kita impor terus," kata Syahrul.

Lantas, berapa harga mi instan saat ini?

Berdasarkan pantauan detikcom di Tokopedia, harga mi instan dijual mulai dari Rp 2.000 per bungkus. Salah satu penjual membanderol Mie Sedaap sebesar Rp 2.510-Rp 3.050 per bungkus.

Kemudian, ada pula yang menjual Indomie rasa soto mie, ayam bawang, dan kari ayam sebesar Rp 2.600-Rp 3.150 per bungkus. Pedagang lain menjual Indomie goreng sekitar Rp 2.600-Rp 3.050 per bungkus.

Harga mi instan di e-commerce lain seperti Shopee, terbilang cukup kompetitif. Sebab, harganya mirip-mirip dengan pedagang yang menjual di Shopee.

Sebagai contoh, harga Mie Sedaap rasa soto dibanderol Rp 2.520. Ada juga yang membanderol Indomie dengan berbagai varian dengan harga Rp 2.950 per piecenya. Kemudian untuk harga mi instant merek Mi ABC selera pedas dihargai Rp 2.500 per piece.

Sedangkan untuk harga mi instan di Indomaret sudah berada di kisaran Rp 3.000/bungkus. Berdasarkan situs klik Indomaret, harga Indomie Mi Instan Ayam Bawang dan Indomie Mi Instan Goreng dibandrol dengan harga Rp 3.000 per bungkusnya.

Simak juga Video: Prediksi Harga Minyak, Batu Bara dan CPO Versi Sri Mulyani

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT