ADVERTISEMENT

UMKM Dapat 'Karpet Merah' dari Shopee, Omzet Bisa Makin Ngegas

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 13:11 WIB
UMKM Dapat Karpet Merah dari Shopee, Penjualan Bisa Makin Ngegas
UMKM Dapat 'Karpet Merah' dari Shopee, Omzet Bisa Makin Ngegas/Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom
Jakarta -

Shopee hari ini meluncurkan pembaruan platform Shopee Pilih Lokal sejalan dengan komitmen#ShopeeAdaUntukUMKM. Shopee Pilih Lokal merupakan fitur yang dapat menghubungkan para pengguna Shopee melalui satu laman khusus berisikan produk-produk lokal UMKM dalam negeri.

Shopee Pilih Lokal telah diluncurkan pada April 2021. Kini pada Selasa (9/8), fitur ini telah nampak di halaman depan dan aplikasi dengan logo dan desain yang telah diperbarui.

"Seluruh pembaruan merupakan komitmen jangka panjang Shopee ada untuk UMKM," ujar Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna di Kampus UMKM Shopee Pakuwon Tower, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022). Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam membantu konsumen dan para UMKM untuk dapat mengakses produk lokal dengan lebih mudah.

Shopee Pilih Lokal kini terhubung dengan beberapa program yang langsung tampil pada halaman utamanya, sebut saja ada produk-produk dari Program Ekspor Shopee, Koleksi UMKM Binaan Shopee, dan Program Kampus UMKM Shopee.

Bahkan, bagi mereka yang tertarik ikut serta dalam program-program tersebut juga dapat mendaftarkan diri langsung melalui laman Shopee Pilih Lokal. "Buat yang tertarik misalnya daftar ke Kampus Shopee tapi bingung gimana daftarnya, sekarang bisa langsung daftar lewat laman ini," ujar Monica.

Tidak hanya itu, pada 10-17 Agustus akan ada promo spesial dalam menyambut hari kemerdekaan. "Ke depannya, promo ini akan terus ada untuk produk lokal setiap tanggal 17," tambahnya.

Acara ini juga menghadirkan beberapa produk UMKM lulusan Kampus Shopee beserta beberapa penjualnya. Para penjual ini merupakan beberapa di antara lulusan yang bahkan berhasil menjajal ekspor karena Program Ekspor Shopee.

"Proses pelayanan ekspornya cepat. Shopee memudahkan dari segi pembuatan toko di luar negeri, pengelolaan barang dan stok, juga transaksi uangnya udah dikonversi ke mata uang masing-masing negara," ujar Pemilik Gudang Barang Bandung yang ikut dalam Program Ekspor Shopee, Agus Ardian.

Bahkan, pebisnis yang produk utamanya tas berbahan kanvas ini mengaku, dari segi penjualan jika di total bisnisnya telah mencapai sekitar 350 ribu penjualan, baik di dalam maupun di luar negeri. Sedangkan dari segi ekspor sendiri, Agus mengaku bisa ekspor ribuan produk per bulan.

Hal yang sama juga dirasakan Monica Kumala, pemilik Monica The Label Solo yang juga mengikuti program Kampus UMKM Shopee. Ia mengaku, dirinya saat ini bahkan melayani pesanan ekspor hampir setiap hari.

"Untuk ekspor ada ke Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Brasil. Produk utama yang aku jual itu kemeja basic," tutur Monica.

Lihat juga video 'BPOM Dorong UMKM Sediakan Bahan Baku Herbal Secara Konsisten':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT