ADVERTISEMENT

10 Kota Terbaik di Dunia untuk Ditinggali 2022, Ada Jakarta?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 10 Agu 2022 08:15 WIB
Kota-kota Teraman 2019
Foto: (CNN)
Jakarta -

The Economist Intelligence Unit (EIU), sebuah organisasi penelitian yang dimiliki oleh outlet media Economist, merilis Global Liveability Index tahunan. Adapun rilis tersebut berisikan peringkat kota-kota terbaik untuk ditinggali di dunia.

Melansir dari Forbes, diketahui bahwa EIU mengukur kelayakan hidup masyarakat di suatu kota menggunakan beberapa faktor seperti stabilitas politik, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur.

Dari kelima faktor tersebut, EIU akan memberikan skor antara 1 dan 100 untuk setiap kota. Skor 1 adalah "tidak dapat ditoleransi" sementara 100 adalah "ideal", yang artinya semakin tinggi skornya maka akan semakin baik.

Lantas kota-kota mana saja yang dinilai terbaik untuk ditinggal saat ini? Berikut adalah kota-kota yang masuk 10 besar kota terbaik untuk ditinggali di dunia 2022:

1. Wina

Ibu kota Austria dan kota terpadat itu menduduki puncak daftar tahun ini setelah merosot ke nomor 12 pada tahun 2021 karena adanya pembatasan COVID menutup atraksi budayanya.

"Stabilitas dan infrastruktur yang baik adalah daya tarik utama kota bagi penduduknya, didukung oleh layanan kesehatan yang baik dan banyak peluang untuk budaya dan hiburan," tulis EIU dalam laporannya sebagaimana dikutip dari Forbes.

Sebelumnya kota Wina juga sempat memegang posisi nomor satu pada 2018 dan 2019.

2. Kopenhagen

Tahun lalu, ibu kota Denmark berada di urutan ke-15 dalam daftar. Namun tahun ini kota tersebut berhasil mendapat skor 100 untuk stabilitas, pendidikan, dan infrastruktur.

Hal ini tentu saja berhasil membawa nama kota tersebut ke puncak daftar kota terbaik untuk ditinggali di dunia 2022.

3. Z├╝rich

Ibu kota Swiss itu masuk 10 besar untuk tahun kedua berturut-turut, setelah mendarat di peringkat tujuh pada 2021.

4. Calgary

Ada tiga kota Kanada di 10 besar tahun ini, dengan kota terbesar ketiga di negara itu, Calgary, menempati posisi tertinggi.

Terikat di urutan ketiga dengan Zurich, kota ini naik 15 peringkat sejak tahun lalu dengan pelonggaran pembatasan COVID-nya.

5. Vancouver

Vancouver biasanya menjadi andalan dalam daftar EIU, bertahan kuat di nomor satu selama hampir satu dekade antara 2002 dan 2010.

Kota ini berhasil kembali ke dalam daftar 10 besar tahun ini setelah jatuh selama pandemi.

6. Jenewa

Swiss adalah satu-satunya negara Eropa dengan dua kota dalam daftar tahun ini. kota Jenewa merupakan salah satunya, di mana nama kota ini berhasil naik dua tempat untuk mendapatkan skor keseluruhan 95,9 pada indeks.

7. Frankfurt

Sementara Frankfurt masuk 10 besar tahun ini, kota-kota besar Eropa lainnya seperti London, Berlin, dan Paris tidak berhasil menduduki peringkat 10 besar.

"Sebagian besar kota di Jerman, Inggris, dan Prancis telah tergelincir dalam survei kami setahun yang lalu karena mereka masih berada di bawah pembatasan COVID yang diberlakukan saat gelombang Delta menyebar ke seluruh benua," tulis EIU dalam laporannya.

8. Toronto

Seperti Calgary dan Vacouver, Toronto secara historis berhasil dengan sangat baik dalam daftar EIU, mendapatkan 10 tempat teratas beberapa tahun berturut-turut.

Meskipun jatuh pada tahun 2021 akibat pendemi, kota itu berhasil kembali masuk dalam daftar tahun ini dengan skor indeks keseluruhan 95,4.

9. Amsterdam

Ibu kota Belanda juga membuat lompatan besar sejak tahun lalu, dengan dibukanya kembali atraksi budaya setelah pembatasan COVID dilonggarkan.

Padahal pada 2021 kemarin, kota ini sempat "jatuh" dan berada di posisi 30 dalam daftar.

10. Osaka dan Melbourne

Sebelumnya kota Osaka telah menempati posisi teratas dalam indeks EIU sejak 2018, mencapai puncaknya di nomor dua tahun lalu.

Meskipun kota ini mendapat skor 100 untuk stabilitas, perawatan kesehatan, dan pendidikan; Osaka hanya berhasil mendapatkan skor 83,1 untuk budaya dan lingkungan membuatnya tenggelam dalam daftar tahun ini.

10. Melbourne

Antara 2011 dan 2017, kota Melbourne kerap kali menempati peringkat nomor satu dalam daftar kota terbaik untuk ditinggali di dunia setiap tahunnya.

Adapun pada tahun ini, Melbourne adalah satu-satunya kota Australia yang masuk 10 besar, sejajar dengan Osaka. Padahal kota-kota Australia lainnya seperti Adelaide, Perth, Brisbane, dan Sydney secara konsisten sering masuk dalam daftar 10 besar kota terbaik untuk ditinggali di dunia.

"Di Australia, beberapa negara bagian lebih lambat mencabut pembatasan daripada yang lain," tulis EIU dalam laporannya.

"Akibatnya, Perth dan Adelaide telah kehilangan tempat sejak tahun lalu, dan Melbourne sekali lagi menjadi kota dengan peringkat tertinggi di Australia."

Simak juga Video: Ferra Menajang, Berbagi Hidup Dengan Para Perempuan ODGJ

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT