ADVERTISEMENT

Sandiaga Temui Pengusaha, Mau Kolaborasi Genjot Pariwisata

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 08:25 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu pengurus Japnas
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno bertemu pengurus Japnas
Jakarta -

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Saat ini pemerintah tengah berupaya memulihkan ekonomi termasuk menggairahkan kembali sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, untuk melakukan hal itu, diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pengusaha. Ide-ide dan inovasi dari pihak lain bisa berkontribusi positif terhadap pemulihan sektor pariwisata.

"Kolaborasi mutlak dilakukan dengan berbagai pihak, karena dengan bersama kita bisa menyusun strategi dan berjuang bersama dan bangkit bersama agar perekonomian bisa pulih dengan segera," ujar Sandiaga Uno saat menerima audiensi Ketua Umum Japnas Bayu Djokosoetono dan Ketua Harian Japnas Widiyanto Saputro beserta sejumlah pengurus lainnya, dalam keterangan yang diterima, Kamis (11/8/2022).

Sandi mengatakan, pengusaha terbukti bisa berkontribusi membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sejak pendirian Japnas saya semangat dan ikut mendukung, karena konsisten banyak ikut serta membangkitkan sektor Parekraf," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Japnas Bayu Priawan Djokosoetono kepada Sandiaga Uno bercerita, meski masih seumur jagung, Japnas sudah tersebar di tanah air. Japnas mempunyai 2 pengurus cabang selain 20 pengurus wilayah provinsi. Dikatakannya juga Japnas punya semangat dan sepakat untuk berkontribusi dalam kebangkitan perekonomian bangsa melalui bidang masing masing.

"Japnas berkomitmen untuk menciptakan sinergi melalui business matching di pusat maupun daerah, mengikutsertakan banyak lintas bidang dan sektoral anggota Japnas. Japnas terdiri dari berbagai level usaha, dari tingkat mikro, menengah dan besar," ujar Bayu.

Ditambahkannya Japnas juga siap untuk mendukung gerakan ekonomi kreatif untuk berkolaborasi secara intens supaya bisa memberikan kontribusi secara konkrit melalui sinergi bisnis.

"Kami juga mengundang Kanda Sandiaga Uno untuk dapat hadir di acara Munas Japnas tanggal 25 Agustus 2022 mendatang," beber Bayu.

Terkait kolaborasi juga, Henky Hotma P. Manurung, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf mengatakan bisa dilakukan kolaborasi konkrit di bidang Food Waste dan Carbon Footprint.

"Dengan cara segera di-onboarding kan dan bisa membuat pakta integritas antara Japnas dan Kemenparekraf. Kami punya 8 Kawasan Ekonomi Khusus yang bisa dibuatkan konsorsium Japnas dan Kemenparekraf untuk membangun dan investasi bersama," imbuh Henky.



Simak Video "Respons Sandiaga Uno atas Maraknya Kecelakaan Bus Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT