ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Penyaluran KUR Naik Jadi Rp 320 T di 2024

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 11 Agu 2022 12:13 WIB
ilustrasi angsuran KUR
Foto: Dok.Detikcom
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Presiden Joko Widodo meminta agar target volume penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) naik menjadi Rp 320 triliun pada 2024 mendatang.

Sri Mulyani menjelaskan saat ini penyaluran KUR sudah mencapai Rp 270 triliun sebelumnya Rp 170 triliun.

"2024 ditargetkan supaya volume Rp 320 triliun, itu nilai yang sangat besar," kata dia dalam acara The 1st International Conference on Women & Sharia Community Empowerment, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya saat ini memang banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tidak mampu mengakses pinjaman di bank atau dalam kategori unbankable.

Sri Mulyani juga menyebutkan memang untuk para pelaku usaha ini kebanyakan perempuan yang berperan penting pada perekonomian rumah tangga secara nasional. Jadi kegiatan perempuan sebagai istri, anak dan bagian masyarakat adalah hal yang tak terpisahkan untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara terutama ekonomi.

"Peranan perempuan sangat menentukan kemajuan. Peranan perempuan yang sehat dan memiliki edukasi dan mampu menjaga menghasilkan generasi selanjutnya mendidik akan menentukan kualitas bangsa," jelas dia.

Dia menambahkan saat ini ada sekitar 64 juta UMKM di Indonesia yang membantu perekonomian nasional dan menciptakan kesempatan kerja dan pemerataan kesejahteraan.

Oleh karena itu peranan pemerintah dalam memperkuat peranan UMKM di Indonesia itu dilakukan melalui berbagai instrumen.



Simak Video "Ganjar Pranowo Berharap Aplikasi Srikandi Beri Manfaat untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT