ADVERTISEMENT

Keliling Jakarta Cuma Rp 10 Ribu Pakai JakLingko, Kartu Lain Bisa Nggak?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 12 Agu 2022 08:24 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengikuti uji coba terbatas sistem integrasi tiket JakLingko. Nantinya warga dapat menggunakan empat jenis transportasi dengan satu tiket.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Tarif integrasi antarmoda transportasi di DKI Jakarta sudah disahkan melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 733 Tahun 2022 tentang Besaran Tarif Angkutan Umum Massal. Dengan tarif integrasi, ongkos maksimal menggunakan transportasi di Jakarta menjadi hanya Rp 10.000.

Namun impelentasi tarif integrasi masih terbatas menggunakan aplikasi JakLingko. Sementara pengguna kartu uang elektronik belum bisa menikmati tarif integrasi.

"Kami juga mengundang feedback dan masukan dari warga yang sudah mencoba Tarif Integrasi menggunakan Aplikasi JakLingko. Untuk saat ini penggunaan kartu uang elektronik untuk tarif integrasi masih kami finalisasi, dan nantinya akan diumumkan kembali bersama Pemprov DKI Jakarta," jelas Corsec MRT Muhammad Kamaluddin kepada detikcom, Jumat (12/8/2022).

Kamaluddin menambahkan, tarif integrasi sudah dapat dicoba langsung di aplikasi JakLingko. Total tarif yang muncul di aplikasi sudah berdasarkan Keputusan Gubernur terkait Tarif Integrasi untuk Trans Jakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Sebagai informasi, tarif integrasi hanya berlaku jika masyarakat menggunakan lebih dari satu moda transportasi. Misalnya, busway dan LRT, atau Busway, LRT, dan MRT.

Catatan lainnya, tarif integrasi belum berlaku untuk LRT Jabodebek. "Aturan tarif integrasi saat ini belum diberlakukan di LRT Jabodebek," katanya menambahkan.

Dengan tarif integrasi, biaya perjalanan menggunakan transportasi jadi lebih mudah. Tarif LRT Jakarta hanya bayar Rp 4.000 dari sebelumnya RP 5.000. Masuk Trans Jakarta Rp 3.000 dari sebelumnya Rp 3.500. Dan masuk MRT hanya RP 2.000 dari sebelumnya Rp 9.000. Adapun tarif ini akan naik Rp 250 per kilometer, dengan penambahan maksimal sampai Rp 10.000.

Tim detikcom menjajal langsung tarif integrasi dari Halte BRT Monas Jakarta Pusat menuju Stasiun Lebak Bulus Grab Jakarta Selatan. Ongkos perjalanan adalah Rp 6.500 dengan waktu tempuh sekitar 68 menit.

Jika dibanding dengan ojek online atau taksi online, tarif integrasi jelas lebih murah. Perjalanan dengan ojek online dari lokasi yang sama memakan ongkos Rp 47 ribu - Rp 49 ribu. Sedangkan taksi online mencapai Rp 76 ribu - Rp 95 ribu. Estimasi perjalanan keduanya di luar jam padat adalah sekitar 30 menit hingga 45 menit.



Simak Video "Tok! Pengadilan Putuskan PT TransJakarta Harus Bayar Upah Lembur Buruh"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT