ADVERTISEMENT

Nih Syarat dan Cara Daftar AdSense YouTube, Biar Konten Jadi Cuan!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 12 Agu 2022 13:49 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta -

Sekarang ini terdapat banyak kreator konten yang membagikan konten-konten mereka di jejaring sosial YouTube agar dapat menghasilkan untung. Untuk mendapatkan banyak uang dari YouTube, kamu harus mengetahui dulu cara monetisasi YouTube atau yang lebih dikenal sebagai AdSense. Begini cara daftar AdSense.

Akun yang telah dimonetisasi atau menggunakan fiture AdSense ini bakal mendapatkan keuntungan yang besarannya dihitung dari jumlah penonton. Sementara uangnya didapat dari iklan-iklan yang dipasang di video tersebut.

Melansir dari lifepal.co.id, monetisasi atau AdSense Youtube adalah proses menghasilkan uang dari video-video YouTube yang diunggah dengan mengaktifkan fitur-fitur iklan di dalam video.

Tapi tentu tidak bisa semua video bisa disisipkan iklan karena hanya yang terpopuler dengan cara tertentu saja yang bakal mendapatkan pemasukan monetisasi terbesar dari iklan di Youtube.

Sebab pada akhirnya, tujuan pengiklan menaruh modalnya dengan beriklan di YouTube adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens atau mendapatkan popularitas yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, YouTube juga akan menaruh iklan di video yang memiliki jumlah penonton yang banyak dan akun yang rutin mengunggah konten mereka.

Namun sebelum membahas tentang cara monetisasi YouTube, kamu harus memperhatikan syarat-syarat yang diminta. YouTube tentunya bakal menerima permintaan monetisasi/AdSense akun yang populer sebagaimana dampaknya akan signifikan bagi bisnis.

Indikator signifikan itu sendiri dilihat dari popularitasnya untuk menarik perhatian lebih banyak penonton, dan juga isi konten itu sendiri.

Nah berikut syarat untuk daftar AdSense YouTube:

1. Mengikuti segala aturan dan kebijakan dari monetisasi YouTube. Kebijakannya beragam, mulai dari pembatasan konten yang tidak boleh berisi kekerasan, pornografi, sampai memastikan kalau konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta.

2. Tinggal di negara atau wilayah tempat program YouTube Partner tersedia. Dalam hal ini Indonesia termasuk ke dalam lingkup wilayah tersebut.

3. Memiliki lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Artinya jumlah jam tayang kontenmu kalau ditotal telah mencapai 4.000 jam.

4. Punya lebih dari 1.000 subscribers.

5. Terhubung dengan akun AdSense.

Meski demikian, walaupun kamu telah memenuhi syarat di atas tetap bukan jaminan kalau monetisasi akun bakal diterima oleh YouTube. Beberapa ada yang ditolak juga lho!

Hal yang terpenting adalah kamu harus mengaktifkan dulu monetisasi atau istilah lainnya mengaktifkan Google AdSense. Berikut ini tahapan-tahapan cara aktifkan Google AdSense.

1. Klik ikon akun YouTube di pojok kanan atas
2. Masuk ke pilihan "Creator Studio"
3. Di bagian kiri menu pilih "Channel"
4. Lalu klik "Status and features"
5. Klik enable di pilihan "Monetization"
6. Lalu ikuti perintah yang tertera di halaman tersebut

Kemungkinan besar yang membuat monetisasi ditolak oleh YouTube adalah karena tidak memenuhi kebijakan dan persyaratan yang diminta. Tapi tenang saja, jika ditolak, kamu bisa melakukan pendaftaran lagi dalam rentang waktu 30 hari setelahnya.

Cara menarik uang dari YouTube

Dari cara monetisasi YouTube, kini yang perlu kamu ketahui adalah cara menarik uang yang telah dikumpulkan. Di awal tadi kamu sudah mendaftar Google AdSense, nah untuk bisa mencairkan, kamu perlu melakukan verifikasi akun Google AdSense.

Verifikasi dilakukan dengan memasukkan PIN yang nantinya bakal dikirim ke rumah kamu oleh pihak Google. Berikut ini tahapan-tahapannya.

1. Masuk ke akun AdSense sesuai dengan alamat email dan kata sandi yang kamu daftarkan
2. Klik menu pengaturan dan pilih "Setelan"
3. Di bagian kiri laman klik "Informasi Akun", lalu klik "verifikasi alamat"
4. Terakhir masukkan PIN yang telah dikirimkan

Setelah AdSense terverifikasi, kamu tinggal memasukkan data-data rekening untuk pengiriman hasil pendapatan dari kontenmu. Uang akan ditransfer setiap bulannya, sekitar tanggal 21-26. Demikian cara daftar AdSense YouTube.



Simak Video "Penjelasan Sri Mulyani soal Dunia Resesi Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT