ADVERTISEMENT

Updated

Diancam UU ITE oleh Pencuri Naik Mercy, Berapa Sih Gaji Pegawai Alfamart?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 11:35 WIB
alfamart
Ilustrasi Pegawai Alfamart. Foto: alfamart
Jakarta -

Baru-baru ini, muncul video yang viral di media sosial yang menunjukkan seorang pegawai Alfamart memergoki seorang wanita tak membayar sejumlah coklat dari minimarket tersebut. Namun dalam video yang berbeda, justru karyawan yang meminta maaf kepada wanita tersebut.

Selain itu, karyawan tersebut juga diancam menggunakan UU ITE karena telah memviralkan peristiwa tersebut. Menurut kabar dalam kejadian itu wanita tersebut datang menggunakan mobil mewah Mercedes Benz.

Alfamart dimiliki oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, merupakan salah satu jaringan toko swalayan terbesar yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Umumnya, gerai ini menjual berbagai produk makanan, minuman serta barang kehidupan lainnya.

Dilansir dari situs resminya, perusahaan ini didirikan oleh Djoko Susanto dan keluarga pada tahun 1989. Lalu pada tahun 2002, gerai tersebut mengakuisisi 144 gerai Alfa Minimart dan mengganti namanya menjadi Alfamart. Tahun 2019, terdapat lebih dari 14.300 gerai yang beroperasi bahkan terdapat lebih dari 750 gerai di Filipina.

Melihat dari banyaknya gerai yang beroperasi, kira-kira berapa ya gaji karyawan Alfamart?

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman menegaskan bahwa gaji yang diberikan kepada para pegawai Alfamart mengikuti ketentuan batas upah minimum kabupaten/kota (UMK).

"Kalau perusahaan seperti Alfamart perusahan Tbk pasti mengikuti UMK," ucapnya saat dihubungi detikcom, Senin (15/8/2022).

Beberapa waktu yang lalu sempat tersebar daftar lengkap gaji pegawai Alfamart. Namun pihak Alfamart sudah membantah, bahwa kabar terkait gaji pegawai Alfamart itu salah.

"Saya pikir nggak ada perusahaan yang membeberkan secara detil gaji level manager berapa, dan lainnya. Itu kan confidential. Kita aja antar temen nggak boleh ngasih tahu kan, ya nggak pantes lah," tuturnya.

Meski mengaku tak bisa membeberkan gaji pegawai Alfamart, Nur Rachman menegaskan bahwa gaji untuk kasir di Alfamart mengikuti UMK yang berlaku.

"Iya di atas UMK, semua karyawan kita di atas UMK, iya betul (termasuk kasir)," ucapnya.

Informasi dalam berita ini telah diperbaharui dengan keterangan dari pihak Alfamart yakni Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman.



Simak Video "Sederet Fakta Pegawai Alfamart Vs Wanita Pengemudi Mercy Diduga Pencuri Coklat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT