ADVERTISEMENT

Mau Tajir Melintir? Berikut 10 Bisnis yang Dijalani Crazy Rich Dunia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 13:36 WIB
Business people are using Stock chart innovative technology. Mixed media, digital and online concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/ker_vii
Jakarta -

Hingga sekarang ini masih banyak di antara kita yang bertanya-tanya, jenis bisnis apa yang dapat memberikan banyak keuntungan? Pertanyaan ini tentunya sangatlah sulit untuk kita agar dapat menjawabnya.

Sebab kesuksesan tidak hanya didasari oleh jenis bisnis apa yang kita jalankan, namun bagaimana kita menjalankannya juga sangatlah penting. Jadi apa pun jenis usahanya, perlu waktu dan tenaga agar dapat meraih keuntungan dari bisnis yang dijalakannya.

Namun setidaknya kita bisa mengintip bisnis apa saja yang dilakukan oleh para miliarder-miliarder dunia yang ada saat ini hingga dapat membawa mereka ke titik saat ini. Dikutip dari laporan Forbes, berikut 10 jenis bisnis yang dijalani para crazy rich sedunia:

1. Keuangan & Investasi

Jumlah miliarder: 393 orang (15% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Warren Buffett (US$ 118 miliar), ketua dan CEO Berkshire Hathaway, yang memiliki saham di lebih dari 60 perusahaan, termasuk Duracell dan Dairy Queen.

2. Manufaktur

Jumlah miliarder: 337 orang (13% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: He Xiangjian (US$ 28,3 miliar), pendiri pembuat peralatan Midea Group. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 anak perusahaan dan perdagangan di bursa saham Shenzhen.

3. Teknologi

Jumlah miliarder: 332 orang (12% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Jeff Bezos (US$ 171 miliar), pendiri raksasa e-commerce Amazon. Orang terkaya kedua di dunia juga memiliki Washington Post dan perusahaan roket Blue Origin.

4. Mode & Ritel

Jumlah miliarder: 250 orang (9% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Bernard Arnault (US$ 158 miliar), ketua dan CEO LVMH, yang memiliki lebih dari 70 merek, termasuk Louis Vuitton, Tiffany & Co. dan Sephora.

5. Kesehatan

Jumlah miliarder: 217 orang (8% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Cyrus Poonawalla (US$ 24,3 miliar), pendiri Serum Institute of India, pembuat vaksin terbesar di dunia (berdasarkan dosis).

6. Makanan & Minuman

Jumlah miliarder: 203 orang (8% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Zhong Shanshan (US$ 65,7 miliar), ketua perusahaan air minum dalam kemasan Nongfu Spring. Dia juga mengendalikan Farmasi Biologi Beijing Wantai yang terdaftar secara publik.

7. Perumahan

Jumlah miliarder: 193 orang (7% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Lee Shau Kee (US$ 32,6 miliar), salah satu pendiri pengembang properti Sun Hung Kai. Sebelum itu, ia memulai Henderson Land Development pada tahun 1976, yang merupakan sebagian besar kekayaannya.

8. Diversifikasi

Jumlah miliarder: 180 orang (7% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Mukesh Ambani (US$ 90,7 miliar), ketua Reliance Industries. Perusahaan ini memegang kepentingan di petrokimia, minyak dan gas, ritel dan telekomunikasi.

9. Media & Hiburan

Jumlah miliarder: 109 orang (4% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Michael Bloomberg (US$ 82 miliar), salah satu pendiri informasi keuangan dan perusahaan media Bloomberg LP.

10. Energi

Jumlah miliarder: 95 orang (4% dari daftar Forbes)

Orang terkaya: Fan Hongwei (US$ 18,2 miliar), ketua pemasok serat Hengli Petrochemical, yang membuat poliester dan tekstil.



Simak Video "Workshop Pembuatan Inovasi Produk"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT