ADVERTISEMENT

Sudah Tahu Belum? Alfamart Juga Ada di Luar Negeri Lho

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 13:41 WIB
Logo Alfamart
Foto: alfamartku.com
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu Alfamart? Jaringan minimarket ini sudah tersebar luas ke seluruh penjuru Indonesia.

Sebagai salah satu jaringan ritel terbesar di Indonesia, selama tahun 2021 Alfamart telah melayani lebih dari 4,2 juta pelanggan di lebih dari 16.492 gerai dengan 32 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, selama tahun 2021 Alfamart membuka 1.058 gerai baru di seluruh Indonesia.

Melansir dari laporan Tahunan Perusahaan, sebaran gerai Alfamart di wilayah Jabodetabek mencapai 24,8%, wilayah Jawa non-Jabodetabek mencapai 44,8% dan di luar Jawa mencapai 30,4%.

Untuk terus menyasar peluang pertumbuhan yang berkelanjutan, Alfamart berupaya untuk mengimplementasikan strategi perluasan jaringan melalui pengembangan gerai di luar Jawa.

Per 31 Desember 2021, jumlah gerai di luar Jawa berhasil tumbuh 11,62% atau 534 gerai dibandingkan tahun sebelumnya. Seiring pertumbuhan jumlah gerai tersebut, jumlah gerai Alfamart di luar Jawa mencapai lebih dari 5.000 gerai pada tahun 2021.

Selain itu, Alfamart juga memperluas jaringan gerainya hingga ke daerah timur Indonesia yaitu di Papua. Tahun 2021, Alfamart memasuki pasar Papua dengan membuka 22 gerai.

Namun, tahukah kamu kalau Alfamart tidak hanya ada di Indonesia melainkan juga ada di luar negeri? Dilansir dari situs resmi Alfamart, pada tahun 2014 Alfamart pertama kali membuka gerainya di luar negeri.

Adapun gerai Alfamart ini dibuka melalui anak perusahaan Alfamart Retail Asia Pte. Ltd., yang kemudian mendirikan Alfamart Trading Philippines Inc. yang berkedudukan di Filipina.

Di bawah naungan Alfamart Trading Philippines Inc. ini lah, Alfamart berhasil membuka gerai-gerainya di Filipina beserta dengan gudang distribusinya. Bahkan pada 2021 kemarin, Alfamart telah memiliki lebih dari 1200 gerai yang beroperasi di Filipina.

Capaian ini terbilang impresif mengingat Alfamart baru berinvestasi pada tahun 2014 di Filipina.

Hingga tahun 2020, total sudah 4 (empat) Distribution Center yang dibangun di Filipina, yaitu di wilayah Imus, Marilao, Mexico dan Silang. Per November 2020, sudah hampir 8000 orang karyawan yang dipekerjakan baik di toko maupun kantor.

Sebagai informasi, terdapat berbagai produk lokal Indonesia yang dijual di Alfamart Filipina dan diharapkan terus bertambah seiring ekspansi Alfamart di negara tersebut. Diketahui bahwa Alfamart menjual beberapa produk kebanggaan Indonesia seperti Tolak Angin, Indomie, Teh Botol, Sari Roti, Richeese Nabati, Kopiko, Marina dan beberapa brand lainnya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Alfamart tidak hanya dapat beroperasi di Indonesia saja. Namun mereka juga berhasil melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri.



Simak Video "Akhir Damai Kasus Pencurian Cokelat di Alfamart"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT