ADVERTISEMENT

Puan Sentil ASN: Tinggalkan Sikap Membenarkan yang Biasa

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 10:53 WIB
Puan Maharani
Puan Sentil ASN: Tinggalkan Sikap Benarkan yang Biasa/Foto: dok. DPR RI
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkap reformasi birokrasi yang dijalankan aparatur sipil negara (ASN) merupakan modal kuat dalam mempercepat kemajuan Indonesia. Saat ini, jumlah ASN mencapai lebih dari 3,9 juta.

Puan pun meminta agar ASN meninggalkan sikap membenarkan yang 'biasa'. Kemudian, ASN harus mulai dengan semangat baru yaitu membiasakan yang benar.

"Aparatur Sipil Negara harus meninggalkan sikap membenarkan yang biasa dan mulai dengan semangat baru yaitu membiasakan yang benar," katanya dalam Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8/2022).

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan berdasarkan survei Google terhadap 100% PNS yang bekerja dari rumah ketika merebaknya kasus pandemi COVID-19. Hasil survei itu menunjukkan 30% mengatakan bekerja lebih berat, 40% mengatakan mereka sama beban kerjanya.

"30% tidak menjawab mungkin lebih ringan atau tidak bekerja, begitu ya. Jadi dari data itu saja kita bisa melihat 30% ASN nggak ngapa-ngapain, itu pun kalau di-press lagi yang 40% dipaksa lebih berat, bisa juga. Mungkin separuhnya tidak melakukan apa-apa," jelasnya dalam Rakornas Kepegawaian 2022 yang disiarkan di YouTube ASNPelayanPublik, Kamis (21/7/2022).

"WFH untuk mereka kan bukan working form home tetapi one a free holiday. Jadi nggak ngapa-ngapain karena mereka tidak memiliki kompetensi, tidak memiliki infrastruktur, dan sarana teknologi juga," ucapnya.

Lihat Video: Puan: Masyarakat Sudah Dewasa dalam Menghadapi Perbedaan Politik

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT