ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Decacorn & Unicorn RI Bantu UMKM

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 11:42 WIB
Presiden Jokowi
Foto: YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan mendorong UMKM naik kelas. Jokowi pun meminta decacorn dan unicorn untuk membantu pemberdayaan UMKM.

Unicorn sendiri merupakan startup dengan valuasi sebesar US$ 1 miliar. Sementara, decacorn merupakan startup dengan valuasi US$ 10 miliar.

"Digitalisasi ekonomi yang telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn terus kita dorong untuk membantu pemberdayaan UMKM," katanya dalam Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8/2022).

Jokowi mengatakan, 19 juta UMKM telah masuk ekosistem digital. Ia menargetkan, sebanyak 30 juta UMKM masuk ekosistem digital di 2024.

"19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024," ujarnya.

Sejumlah langkah telah dilakukan telah dilakukan pemerintah untuk membantu UKMM, dari pendanaan murah hingga kewajiban untuk membeli produk UMKM.

"Berbagai bantuan pendanaan murah juga terus dilanjutkan. Penayangan produk UMKM di E-katalog pemerintah diharapkan akan menyerap produk UMKM. Di saat yang sama, kewajiban APBN, APBD, dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga akan terus didisiplinkan," jelasnya.



Simak Video "Jokowi Apresiasi Gagasan Erick Thohir Buat Merah Putih Fund"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT