ADVERTISEMENT

Merdeka Finansial

Simak Nih! Jurus Merdeka Finansial dari Bos JNE

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 13:54 WIB
Mohammad Feriadi
Foto: Dok JNE
Jakarta -

Indonesia sebentar lagi merayakan HUT ke 77. Artinya sudah 77 tahun umur Tanah Air ini dan merdeka dari penjajahan. Dalam dunia keuangan, ada istilah merdeka finansial. Lantas apa itu merdeka finansial menurut pengusaha?

Presiden Direktur JNE Mohammad Feriadi memberikan pandangan dan tipsnya untuk merdeka finansial. Feri sendiri merupakan sosok di balik suksesnya JNE menjadi layanan jasa antar barang ternama di Indonesia.

Kesuksesannya kini juga berkat keseimbangan dalam mengatur bisnis, keuangan, hingga proses kehidupan Feri. Menurutnya, merdeka finansial merupakan proses kehidupan yang seimbang, antara perencanaan keuangan, bisnis, hingga investasi.

Meskipun dalam pandangannya, merdeka finansial juga bukan hanya soal harta. Tetapi juga bagaimana keseimbangan dalam kehidupan, perencanaan dalam mencapai kesuksesan dan kebahagiaan, serta juga bisa berbagi dengan orang lain.

"Menurut saya, merdeka finansial tidak harus selalu diukur dengan memiliki banyak harta, tetapi merdeka finansial diperoleh jika kita dapat menjalani kehidupan ini dengan sebaik - baiknya dan kita dapat mencapai kebahagiaan dari apa yang sudah kita jalankan dan juga dapat memberikan kebahagiaan serta manfaat untuk orang lain," katanya kepada detikcom, Selasa (16/8/2022).

Feri sendiri mengaku sebenarnya dalam konteks urusan bisnis bisa dikatakan sudah merdeka finansial. "Tapi untuk urusan akhirat rasanya masih belum, kemerdekaan finansial bagi saya justru lebih penting mengejar akhirat ketimbang duniawi karena itu yg hakiki," lanjutnya.

Ia pun membagikan bagaimana jurus untuk mencapai merdeka finansial. Untuk menggapai merdeka finansial yang telah direncanakan, utamanya melakukan kebijaksanaan dalam pengelolaan uang atau harta yang dimiliki. Bentuknya mulai dari menabung dan berinvestasi, dan dapat bijaksana dalam pengeluaran.

"Nilai - nilai yang tidak kalah penting adalah nilai yang diajarkan oleh ayah saya Alm. H. Soeprapto Soeparno (Pendiri JNE), yaitu nilai untuk dapat berbagi, memberi, menyantuni dengan memberikan manfaat dan kebahagiaan seluas-luasnya untuk sesama," terangnya.

"Nilai berbagi, memberi, menyantuni tersebut juga masih dijalankan dengan sebaik mungkin sampai saat ini, khususnya untuk diri saya sendiri maupun di perusahaan (JNE Express) yang saya pimpin saat ini," lanjutnya.

Feri mengingatkan, dalam mencapai merdeka finansial, dalam konteks investasi harus betul-betul diperhatikan. Jadi pilihlah instrumen investasi yang tepat.

"Salah satu jalan untuk merdeka finansial adalah dengan cara kita menggunakan dana yang kita miliki dengan cara membuat perencanaan yang baik, menginvestasikannya di tempat yang tepat dan yang paling penting, selalu berorientasi pada hal-hal yang akan cepat mendatangkan return," tuturnya.

Lanjut ke halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT