ADVERTISEMENT

Cek Fakta

Benarkah Kata Jokowi RI Sudah Tak Impor Beras Selama 3 Tahun?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 15:05 WIB
Presiden Joko Widodo berjalan seusai menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal Indonesia yang tidak impor beras selama tiga tahun terakhir dan menjaga ketahanan pangannya. Hal itu disampaikan Jokowi dalam Pidato Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, Selasa (16/8/2022).

"Untuk beras konsumsi, kita sudah tidak lagi impor dalam tiga tahun terakhir," kata Jokowi dalam kesempatan tersebut.

Berkat keberhasilan tersebut, Jokowi memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas keberhasilan mencapai ketahanan pangan.

Di sisi lain, dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia masih rutin impor beras hingga 2021. Bagaimana fakta RI yang tidak impor beras selama 3 tahun?

Ternyata, pernyataan tersebut ditujukan untuk komoditas beras konsumsi. Hal ini diperjelas dengan pernyataan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri yang merujuk pada catatan BPS.

"Menurut catatan BPS, Indonesia sudah tidak melakukan impor beras untuk pasar konsumsi, yaitu beras jenis medium," jelas Kuntoro melalui keterangan resmi, pada Senin (15/8/2022) silam.

Simak video 'Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Sebut RI Sudah 3 Tahun Tak Impor Beras':

[Gambas:Video 20detik]



Ternyata ada beras yang diimpor Indonesia. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT