ADVERTISEMENT

Airlangga Minta Pengusaha Lakukan Ini untuk Pulihkan Ekonomi

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 17 Agu 2022 22:00 WIB
Airlangga Hartarto
Foto: Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengoptimalkan peran pengusaha untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi. Hal ini dilakukan selaras dengan upaya mendorong terciptanya lapangan kerja sehingga mengurangi kemiskinan.

Hal ini dikatakan Airlangga kala bertemu pengusaha yang tergabung dalam Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas). Menurutnya, peran dan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan sangat penting bagi pemulihan ekonomi.

"Penting untuk terus mengembangkan berbagai macam kelas dan macam industri usaha untuk memajukan perekonomian Indonesia di semua lini secara merata," ujar Airlangga, dikutip Rabu (17/08/2022).

Sementara itu, Japnas sendiri adalah organisasi alternatif transisi yang selama 7 tahun ini memiliki posisi strategis dalam dunia wirausaha di Indonesia. Organisasi ini berdiri sejak 2015 dan telah ada di 20 provinsi di Indonesia.

Ketua Umum Japnas Bayu Djokosoetono menjelaskan, Japnas terbentuk atas aspirasi dari seluruh pengusaha di Indonesia, di mana organisasi ini turut memberikan kontribusi positif terhadap kebangkitan perekonomian RI.

"Dalam Japnas, berkumpul berbagai macam dan kelas industri usaha, mulai dari kecil menengah dan besar," ujar Bayu.

Bayu juga menambahkan, banyak dari para pengurus wilayah Japnas yang juga menjadi pengurus Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di wilayah masing masing.

"Japnas bersama HIPMI dan HIPPI adalah anggota luar biasa KADIN yang terpilih menjadi perwakilan klaster asosiasi. Dan kami bertiga dipercaya memiliki suara di Munas Kadin di Kendari beberapa waktu yang lalu," imbuhnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam acara audiensi Japnas ke Kantor Menko Perekonomian, Bayu mengundang Airlangga untuk menjadi keynote speaker dan hadir di acara Munas Pertama Japnas pada 25 Agustus 2022 di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Undangan tersebut pun disambut positif oleh Airlangga.



Simak Video "Pengusaha Sebut 'Black Market' Penyebab Langkanya Minyak Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT