ADVERTISEMENT

UMKM RI Ramai-ramai Rambah Industri Online, Infrastruktur Digitalnya Siap?

tim detikcom - detikFinance
Kamis, 18 Agu 2022 09:16 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping.
Foto: iStock
Jakarta -

Nawatech bersama dengan IDCloudHost resmi memperkenalkan Republic of Cloud9 (ROC9.id) pada hari Senin (15/08/2022) seiring dengan penyambutan Hari Kemerdekaan Indonesia
ke-77.

Republic of Cloud9 (ROC9.id) merupakan sebuah layanan cloud yang dapat membantu pelanggan dalam membangun dan menjalankan aplikasi bisnisserta sistem digital lainnya dengan fleksibel dan aman, guna mendukung ketahanan digital yang inklusif di Indonesia.

Di dalam kegiatan operasionalnya, ROC9 menggandeng Microsoft untuk menyediakan layanan cloud di Indonesia yang didukung oleh solusi Azure Hybrid Cloud bagi berbagai segmen usaha. Mulai dari korporasi, pemerintahan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga startup. Termasuk di antaranya dengan menghadirkan solusi hybrid cloud yang dapat menggabungkan infrastruktur on-premise pemilik usaha, layanan cloud ROC9, dengan public cloud Azure dari Microsoft.

"Saat ini, cloud telah menjadi pusat transformasi digital yang membantu setiap organisasi dan institusi untuk tetap inovatif serta kompetitif. Sejalan dengan tema Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini, yaitu 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat', kami ingin menegaskan dukungan kami terhadap ketahanan digital inklusif di Indonesia, yang dapat membantu pemulihan dan kebangkitan Indonesia dari ranah digital. Salah satunya melalui ketersediaan akses layanan cloud yang terbuka untuk berbagai segmen dan industri, termasuk UMKM yang berkontribusi 61,07% terhadap PDB Indonesia1 dan startup dalam negeri yang
jumlahnya mencapai lebih dari 2.4002," ujar Arfan Arlanda, Founder dan CEO Nawatech yang sekaligus juga merupakan Founder Republic of Cloud9.

"IDCloudHost adalah perusahaan cloud dan hosting yang sudah dipercaya oleh lebih dari 200 ribu pelanggan di Indonesia. Bersama Nawatech yang telah berpengalaman sebagai cloud sistem integrator, dan juga didukung oleh Microsoft Azure sebagai cloud platform dengan reputasi inovasi dan fondasi keamanan yang kuat, kami bekerjasama untuk membangun ROC9. Ini merupakan momentum penting bagi kami dalam memperkuat kontribusi kami terhadap ketahanan digital di berbagai sektor dan industrI di Indonesia", papar Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost.

Bagi sejumlah pihak, cloud kerap masih diasosiasikan dengan perusahaan berskala besar. Padahal, cloud merupakan teknologi yang inklusif dan fleksibel bagi semua. Penggunaan cloud dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan institusi, termasuk yang berskala mikro, kecil, serta menengah.

Bahkan, apabila organisasi atau institusi masih berada dalam tahap eksplorasi cloud sehingga ingin menggabungkannya dengan infrastruktur on-premise yang telah ada, hal tersebut dapat dilakukan melalui hybrid cloud.

"Berdasarkan sebuah survei yang kami lakukan kepada lebih dari 500 responden, 95% menyatakan bahwa strategi hybrid cloud penting bagi kesuksesan bisnis. Kami percaya tren yang sama juga berlaku bagi UMKM dan startup yang merupakan penggerak ekonomi digital Indonesia," kata Country Lead - Azure GTM Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono

Karena itu, pihaknya sangat senang menyambut kehadiran ROC9 yang dapat membantu mewujudkan visi hybrid Microsoft di Indonesia - memberdayakan dan mendampingi Indonesia, termasuk UMKM dan startup dalam negeri, untuk mempercepat transformas digital mereka.

"Hal ini penting untuk menciptakan ketahanan digital di Indonesia, yang selanjutnya akan menciptakan pertumbuhan ekonomi inklusif dan mendorong kemajuan sosial ekonomi," tandasnya.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT