ADVERTISEMENT

Tapal Batas

Semangat Nabung Renalto demi Bantu Biaya Sekolah Kakak

Jihaan Khoirunnissa - detikFinance
Kamis, 18 Agu 2022 13:57 WIB
Tapal Batas Anambas
Foto: detikcom/Rafida Fauzia
Kepulauan Anambas -

Kepulauan Anambas- Seorang bocah bernama Renalto (11) patut menjadi contoh bagi anak seusianya. Pasalnya di usia yang terbilang muda, dia sudah terbiasa menyisihkan uang jajan untuk ditabung.

Renalto merupakan siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) di Desa Telaga Kecil. Telaga Kecil terletak di Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas yang menjadi salah satu di antara gugusan pulau terdepan Indonesia.

Renalto atau yang biasa disapa Renal mengaku rutin membawa uang Rp 50 ribu untuk ditabung di Teras BRI Kapal yang singgah di DesaTelaga Kecil setiap minggunya. Uang tersebut ia dapatkan dari hasil menjual ikan tangkapan sang ayah.

"Uangnya dapat dari Ayah jual ikan. (Biasanya nabung) Rp 50 ribu. Nabungnya di BRI," ujarnya malu-malu kepada tim detikcom beberapa waktu lalu.

Di samping itu, Renal juga rajin menyisihkan uang jajan yang diterima setiap hari. Hingga kini jumlah uang tabungan Renal mencapai Rp 3,5 juta. Ini merupakan hasil menabung selama 3 tahun terakhir.

Saat ditanya alasan mengapa ia begitu semangat mengumpulkan uang tabungan, Renal menyebut dirinya ingin membantu orang tua membiayai kebutuhan sekolah abang. Diungkapkannya sang kakak memang tengah mengenyam pendidikan SMK di ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang.

"(Aku nabung) untuk (uang jajan), kirim ke abang (yang lagi) sekolah SMK di Pinang," katanya.

Tapal Batas AnambasTapal Batas Anambas Foto: detikcom/Rafida Fauzia

Sementara itu ibunda Renalto, Rika (32) menuturkan alasan ia mengajak Renalto untuk menabung lantaran ingin putranya belajar berhemat dan tidak boros. Meski pada awalnya terkesan 'dipaksa', namun Rika merasa bersyukur minat menabung telah muncul dari dalam diri Renal.

Bahkan kini, kata dia Renal dengan semangat membawa sendiri uang dan buku tabungannya setiap layanan Teras BRI Kapal singgah di Desa Telaga Kecil.

"Sejak ada kapal bank, dia udah belajar nabung. Alhamdulillah jajannya berkurang. Kadang dia musim sekolah juga nggak jajan. Dulu biasanya (minta) duit terus," katanya.

Rika pun mengaku kagum dengan sikap yang dimiliki si bungsu. Sebab tak seperti kebanyakan anak seusianya, Renal justru tak punya keinginan mengambil uang tabungan untuk membeli jajan ataupun mainan.

Menurut Rika, Renal menyerahkan uang tabungan sepenuhnya untuk kebutuhan keluarga dan keperluan sekolah kakaknya.

"Katanya kalau mama perlu, mama ambil aja. Sekarang abangnya sudah sekolah di Pinang, Renal bilang uang (tabungan) untuk bantu abang sekolah," tutur Rika.

"Tapi (saya) nggak pernah ambil. Masih disimpan. (Padahal) Renal udah sering suruh saya ambil," imbuhnya.

Tapal Batas AnambasTapal Batas Anambas Foto: detikcom/Rafida Fauzia

Di sisi lain, Rika mengaku senang dengan kehadiran layanan Teras BRI Kapal. Karena dengan begitu anak-anak sekolah di Telaga Kecil bisa diajarkan untuk menabung sedari dini. Apalagi proses pembukaan rekening tabungan untuk anak juga terbilang mudah.

"Gampang senang sekali. (Syaratnya) nggak terlalu banyak. Waktu itu (dibantu) dari sekolah. Ibunya mendampingi (awal-awal)," katanya.

Sementara itu, marketing dan analisis mikro atau mantri BRI Fremar Refel Welang (Fremar) mengatakan Kantor BRI Unit Tarempa melalui Teras BRI Kapal berupaya melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya menabung di bank tak hanya kepada orang dewasa saja. Melainkan juga anak-anak sekolah di pulau yang menjadi lokasi operasi layanan bank terapung.

"Jadi kami (edukasi) sosialisasi (ke warga di sini), sama anak-anak juga. Saya sama kapten kasih-kasih yakinkan sama orang tuh, kalau nabung di bank tuh jangan takut, walaupun di kapal, karena di darat sama kaya di kapal layanannya. Ke depannya kami masuk (ke pulau ini) udah, ramai mereka datang, anak-anak pun mereka buka tabungan," katanya.

Tapal Batas AnambasTapal Batas Anambas Foto: detikcom/Rafida Fauzia

Hal senada disampaikan Kepala BRI Unit Tarempa Farid. Farid mengaku bersyukur karena layanan simpanan di Teras BRI Kapal disambut antusiasme positif dari masyarakat setempat.

"(Setiap) ada jadwal kapal ke sana, anak-anak dengan antusias membawa uang celengan, uang tabungan. Itu suatu kepuasan untuk kita lah. Antusias warga mulai dari orang tua hingga anak-anak luar biasa dengan adanya kapal kita," tandasnya.

detikcom bersama BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas perkembangan ekonomi, infrastruktur, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan Indonesia. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Selain Menjaga Perairan Anambas, TNI AL Juga Turut Bantu Kebersihan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT