ADVERTISEMENT

Siapa Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa yang Disebut Terkait Konsorsium 303?

Tim Detikcom - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 13:30 WIB
Tom Liwafa lelang buku untuk Gala
Foto: Instagram Tom Liwafa
Jakarta -

Nama Tom Liwafa mendadak viral. Pria yang dikenal sebagai crazy rich Surabaya ini disebut-sebut terkait konsorsium-303 yang tengah ramai diperbincangkan.

Tom Liwafa sendiri sudah membantah kabar tersebut. Dia menyebut kabar tersebut adalah fitnah. Konsorsium 303 sendiri disebut-sebut sebagai jaringan judi online di Indonesia.

Mengenal lebih jauh, siapakah Tom Liwafa?

Mengutip detikjatim, Jumat (19/8/2022), nama asli Tom Liwafa adalah Arizza Liwafa. Pengusaha kelahiran tahun 1991 itu tumbuh di keluarga sederhana yang tinggal di Mojokerto, Jawa Timur.

Dalam sebuah video di kanal YouTube Armuji, Wakil Wali Kota Surabaya, Tom mengaku tertarik dengan bidang desain. Tak heran jika Tom menempuh pendidikan strata satunya di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) jurusan Desain Produk.

Pada usia 18 tahun, Tom pernah menjadi vokalis dari band metal bernama Razorblades Terror. Penampilannya mirip dengan seorang rockstar yang kerap mengenakan pakaian serba hitam dengan rambut gondrong terurai. Meski begitu, ia tak berniat menjadi seorang musisi.

Sementara keinginannya menjadi pengusaha bermula saat Tom diajak kakaknya untuk keliling distro di Surabaya. Ia punya angan-angan untuk bisa menjadi pengusaha sukses di masa depan, agar kehidupannya menjadi lebih baik.

Tom merintis usaha sejak 2008. Mulanya, ia menjual stiker hingga kaus band rock dan metal. Sepulang kuliah, Tom menawarkan stiker dan kaus tersebut ke teman-temannya atau ke sejumlah distro dengan mengendarai sepeda motor.

Tom juga pernah menjual tas di Taman Bungkul Surabaya setiap Hari Minggu. Dari lapak sederhana, Tom dapat membangun toko dan gudang barang jualannya. Dari yang hanya terjual 3 biji, kini 12 ribu barang dapat terjual dalam sehari.

Artikel lebih lengkap, klik link ini



Simak Video "Kapolri Bentuk Tim Gabungan Usut Dugaan Konsorsium 303"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT