ADVERTISEMENT

Usaha Kecil Juga Bisa Sukses dan Mapan, Begini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 14:59 WIB
Ilustrasi bisnis online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) saat ini turut menopang perekonomian nasional. Karena itu pelaku UMKM harus didukung dengan penetrasi dan inklusi keuangan.

Hingga saat ini, UMKM masih memiliki kontribusi yang cukup besar pada perekonomian Indonesia. Namun, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia memperkirakan bahwa hanya sekitar 3,18% dari pelaku UMKM tersebut bisa tumbuh menjadi pengusaha yang mapan.

Hal tersebut disebabkan karena minimnya modal kerja dan sekitar 48,6 juta unit usaha UMKM masih belum memiliki akses kepada kredit permodalan. PT Mandiri Tunas Finance (MTF) kembali memperluas salah satu layanan produk pembiayaan yaitu pembiayaan multiguna yang biasa disebut dengan Cash Aja guna menyalurkan pinjaman dana tunai dengan agunan BPKB kendaraan.

Pinjaman ini bertujuan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dan produktif masyarakat, namun juga sebagai kebutuhan modal usaha bagi mereka yang saat ini memiliki kesulitan akses permodalan. Deputi Direktur Mandiri Tunas Finance Afri Feder Fauzi menjelaskan hadirnya Cash Aja sebagai salah satu produk pembiayaan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana tunai secara cepat karena proses pencairan dana dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan mudah, sesuai dengan tagline MTF fast & easy tentunya juga disesuaikan dari berkas dan hasil survei yang diajukan.

"Pendekatan ini dilakukan MTF sebagai langkah untuk membantu generasi muda dalam membuka akses permodalan demi mereka dapat membuka usaha yang dimiliki," kata dia dalam siaran pers, Jumat (19/8/2022).

Direktur Mandiri Tunas Finance William Francis Indra selaku juga menjelaskan bahwa fase endemi saat ini menyebabkan banyak industri sudah mulai bangkit kembali. William menambahkan layanan Cash Aja telah membantu lebih dari 6.400 wirausaha yang telah memiliki usaha dengan menyalurkan dana pinjaman modal kerja rata-rata Rp 52 miliar per bulan di tahun 2022.

Berbagai keunggulan ditawarkan Cash Aja MTF diantaranya angsuran terjangkau, bunga mulai 0,58% per bulan dan pencairan dana hingga 90% sehingga Cash Aja MTF sebagai produk perusahaan anak bangsa yang dapat menjadi pilihan tepat bagi para wiraswasta untuk menjalankan usaha.

Selain dari produk pembiayaan, MTF juga memperkenalkan program WIRA Agent yang merupakan partner bisnis Mandiri Tunas Finance. WIRA Agent MTF dapat bekerja secara perorangan atau grup atau media dengan menggunakan metode penawaran langsung kepada konsumen (referral).

Program WIRA Agent MTF diperuntukkan bagi masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan pekerjaan, terutama yang terdampak pandemi selama 2 tahun ini. Program WIRA Agent MTF juga sebagai solusi agar masyarakat dapat memiliki penghasilan tambahan dengan memanfaatkan waktu luang. Keuntungan yang akan didapatkan oleh WIRA Agent MTF yaitu mendapatkan pelatihan khusus, serta mendapatkan penghasilan yaitu berupa insentif sebesar 7% dari setiap pencairan dana.

"Misi kami melalui program ini adalah agar dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan penghasilan tambahan, akses permodalan serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penetrasi keuangan, tidak hanya di kota-kota besar namun hingga ke seluruh penjuru Negeri," ujar William.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT