5 Negara Penghasil Daging Ayam Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

ADVERTISEMENT

5 Negara Penghasil Daging Ayam Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Selasa, 23 Agu 2022 19:30 WIB
Selain daging sapi, harga daging ayam juga mengalami kenaikan sebelum Idul Fitri. Harga per kilogram kini bisa menyentuh Rp 40 ribu.
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Daging ayam merupakan salah satu bahan pangan yang paling digemari di dunia. Selain karena pengolahannya yang mudah, harga yang relatif terjangkau juga menjadi daya tariknya.

Berdasarkan data dari USDA Foreign Agricultural Service, sampai Juli 2022 total konsumsi daging ayam dunia mencapai 98,3 juta ton.

Tingginya tingkat konsumsi daging ayam tak lepas dari banyaknya produksi daging ayam.

Berdasarkan data Foreign Agricultural Service, terdapat 5 negara penghasil daging ayam terbesar di dunia, yaitu:

1. Amerika Serikat

Per Juli 2022, Amerika Serikat menghasilkan 20,5 juta ton daging ayam. Hal ini menjadikannya negara penghasil daging ayam terbesar di dunia.

Selain itu, Amerika Serikat juga merupakan negara yang mengonsumsi daging ayam terbanyak di dunia. Per Juli 2022, total konsumsi daging ayam Amerika Serikat mencapai 17,2 juta ton.

2. Brazil

Brazil merupakan negara kedua penghasil daging ayam terbanyak di dunia. Total daging ayam yang dihasilkan per Juli 2022 sebanyak 14,7 juta ton, 200.000 lebih banyak dibandingkan Juli tahun lalu.

Brazil juga merupakan negara yang mengonsumsi daging ayam terbanyak ketiga di dunia dengan total konsumsi 10,1 juta ton.

3. Tiongkok

Negara ketiga penghasil daging ayam terbesar di dunia adalah Tiongkok. Per Juli 2022 total daging ayam yang diproduksi yaitu 14,3 juta ton.

Tiongkok merupakan negara pengonsumsi daging ayam terbesar kedua di dunia. Total konsumsi daging ayamnya mencapai 14,4 juta ton.

4. Meksiko

Meksiko memproduksi 3,9 juta ton daging ayam per Juli 2022. Hal tersebut menjadikannya negara keempat penghasil daging ayam di dunia.

Sebagai catatan, sebenarnya Uni Eropa memproduksi daging ayam lebih banyak dari Meksiko yaitu 10,7 juta ton. Namun, Uni Eropa bukanlah sebuah negara melainkan terdiri dari beberapa negara. Jadi, Uni Eropa tidak termasuk dalam daftar ini.

5. Thailand

Thailand menjadi salah satu negara ASEAN yang memproduksi daging ayam terbesar di dunia. Per Juli 2022, total daging ayam yang diproduksi yaitu 3,2 juta ton.

Demikian 5 negara penghasil daging ayam terbesar di dunia. Sayangnya tidak ada Indonesia di daftar tersebut.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT