Suka Belanja ke Tip Top? Orang Ini Nih Pemiliknya

ADVERTISEMENT

Suka Belanja ke Tip Top? Orang Ini Nih Pemiliknya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 23 Agu 2022 11:59 WIB
Warga berbelanja saat pemberlakuan pembatasan pengunjung supermarket di Tiptop, Depok, Jawa Barat, Senin (30/3/2020). Pembatasan jumlah pengunjung yang berbelanja tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Jakarta -

Tip Top merupakan salah satu supermarket yang sudah cukup lama berada di tengah masyarakat. Berbeda dengan supermarket lain, Tip Top memegang teguh prinsip Islam dalam menjalankan bisnisnya.

Sosok pendiri di balik suksesnya bisnis supermarket Tip Top ini adalah Rusman Maamoer. Cerita sukses bisnis Rusman dimulai ketika dirinya masih bocah. Di usia 11 tahun, ayah Rusman memberikannya modal untuk membuka usaha.

Berbekal modal dari sang Ayah, Rusman berjualan kelapa. Sebuah gerobak menjadi modal Rusman menjajakan dagangannya.

Meski demikian bisnis Rusman sempat terhenti karena pendidikan tetap menjadi prioritas bagi sang Ayah.

Menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rusman sempat terjun ke dunia kerja. Jabatan Direktur Bank Pembangunan Daerah sempat disandangnya.

Namun panggilan berbisnis begitu kencang. Tekadnya bulat. Rusman hanya ingin bekerja selama tujuh tahun di BPD. Jalan bisnis jadi pilihannya.

Pilihan itu tak semulus yang dibayangkan. Beberapa kali jatuh bangun membangun usaha, Rusman memutuskan melalangbuana ke Benua Biru, Eropa. Tujuannya, mereguk informasi sebanyak mungkin soal bisnis yang akan dijalaninya.

Puas dengan ilmu yang diperolehnya, Rusman mantap memulai bisnis baru. Minimarket menjadi pilihan bisnisnya saat itu.

Pada tahun 1979, ia kemudian mendirikan convenience store pertamanya dengan luas 400 M2 bernama Tip Top Plaza di Rawamangun, Jakarta Timur. Bisnisnya terus berkembang, sehingga dia harus memperluas toko serba ada setiap tahun.

Pada tahun 1985, convenience store Tip Top diubah menjadi supermarket dengan nama Tip Top Supermarket dan Department Store dengan luas 3000 m2 dan dilengkapi dengan area bermain untuk anak-anak.

Pada bulan Juni 1991, toko Tip Top Rawamangun terbakar, tetapi berhasil dibangun kembali pada bulan Oktober tahun yang sama.

Pada tahun 1992 Rusman membuka gerai kedua di kawasan Ciputat, Tangerang, kemudian di kawasan Cimone, Tangerang (1999), Pondok Bambu, Jakarta Timur (2001), Depok, Jawa Barat (2004), dan di Pondok Gede, Bekasi (2007).

Sepeninggal Rusman pada tahun 2007, jaringan perdagangan Tip Top dilanjutkan oleh generasi berikutnya yang membangun toko ketujuh mereka di kawasan Tambun Selatan, Bekasi (2014). Hingga pada 2021 kemarin Tip Top membuka outlet kedelapannya di daerah Bogor, Jawa Barat.

Tonton juga Video: Seputar Kleptomania yang Dikaitkan Aksi Wanita Curi Cokelat di Alfamart

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT