Merah Putih Fund Dapat Izin OJK, Siap Guyur Modal ke Startup

ADVERTISEMENT

Merah Putih Fund Dapat Izin OJK, Siap Guyur Modal ke Startup

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 23 Agu 2022 13:08 WIB
Infografis sumber modal buat jadi unicorn
Foto: Infografis detikcom/Mindra Purnomo
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, Merah Putih Fund yakni lembaga pendanaan gabungan BUMN untuk perusahaan rintisan (startup) telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pihaknya pun terbuka kepada BUMN dan swasta terlibat dalam pendanaan ini.

"Merah Putih Fund kalau BUMN atau private sector mau ikutan kita sangat terbuka. Karena target aturan OJK sudah keluar, lisensinya," kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Erick mengatakan, modal awal Merah Putih Fund sebesar US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,44 triliun (asumsi kurs Rp 14.800). Erick pun menyebut sejumlah syarat startup yang bisa memperoleh pendanaan Merah Putih Fund ini.

"Tapi yang tidak boleh tadi benang merah diubah, founder harus orang Indonesia, perusahaanya beroperasi di Indonesia, kalau mau go public harus di Indonesia," katanya.

Ketua PMO Merah Putih Fund Eddi Danusaputro membenarkan jika Merah Putih Fund telah mendapat izin OJK. Adapun nama resminya ialah Dana Ventura Merah Putih Fund.

"Sekarang sudah dapat izin dari OJK. Nama resminya Dana Ventura Merah Putih Fund itu dari OJK baru di akhir Juli ya, ini belum lama," katanya.

Setelah mendapat izin, Merah Putih Fund saat ini dalam proses penggalangan dana yang akan dilakukan pada tahun ini dan sebagian awal tahun depan.

Untuk tahap awal US$ 300 juta ditargetkan terkumpul pada kuartal I atau II tahun depan. Tak berhenti di situ, pihaknya juga membuka penggalangan dana tahap ke-2 dengan nilai yang sama US$ 300 juta. Sehingga, hingga 2024 telah terkumpul dana US$ 600 juta. Setelah itu, penggalangan dana tahap ke-3 dilakukan.

"Kalau first close adalah 5 anchor investor, second close adalah BUMN lain dan startegic investor, yang ketiga baru kita buka seperti Pak Erick bilang tadi swasta nasional," ujarnya.

Simak juga video 'Jokowi Apresiasi Gagasan Erick Thohir Buat Merah Putih Fund':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT