UMKM di Jabar Raih Cuan dari Naiknya Tren Belanja Online Via Tokopedia

ADVERTISEMENT

UMKM di Jabar Raih Cuan dari Naiknya Tren Belanja Online Via Tokopedia

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 25 Agu 2022 11:12 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia-Dengan memanfaatkan fitur TopAds di Tokopedia, Sangkayu berhasil mengalami peningkatan pesanan masuk yang signifikan setiap periodenya.
Jakarta -

Tokopedia terus mendorong pemerataan ekonomi secara digital di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah bekerja sama dengan mitra strategis demi mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk di Jawa Barat.

Berkat semangat kolaborasi dengan pemerintahan, masyarakat wilayah Jawa Barat dapat lebih mudah untuk memenuhi kewajiban membayar pajak dengan menggunakan aplikasi Tokopedia. Tak hanya itu, UMKM di Jawa Barat juga merasakan dampak dari langkah yang dilakukan Tokopedia.

Memperingati HUT Provinsi Jawa Barat, Tokopedia menemukan sejumlah temuan menarik terkait kenaikan jumlah transaksi di Jawa Barat selama setahun belakangan. Transaksi belanja online naik hampir 1,5x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode sama 2021.

"Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia demi mendorong UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional," kata Head of External Communication Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/8/2022).

Sementara itu, inisiatif Hyperlocal yang digencarkan Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi daerah, termasuk di Jawa Barat, telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para UMKM Jawa Barat hingga masyarakat secara umum.

Pemilik UMKM Sangkayu, Nur Hidayat mengatakan Tokopedia menjadi marketplace pilihan utamanya dalam menjalankan bisnis. Ia pun merasakan dampak yang signifikan terhadap bisnisnya ketika bergabung dengan Tokopedia.

"Sebelum memulai usaha Sangkayu ini, saya coba riset pasar dan mendapati bahwa belum banyak usaha yang fokus pada olahan kayu, kalaupun ada itu sangat mahal. Saya pun melihat peluang yang besar dan memutuskan untuk memulai usaha yang fokus pada produk olahan kayu dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang lebih baik," ujar Nur Hidayat.

Ia pun memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia, salah satunya TopAds Tokopedia dan berhasil meraup peningkatan pesanan masuk yang signifikan pada tiap periode.

"Kami bahkan sempat kewalahan karena pesanan yang masuk itu sangat banyak, jadi kami menggunakan sistem pre-order," tutur Nur Hidayat.

Menurutnya, Sangkayu dapat terus berkembang salah satunya karena terus melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Selain perkembangan usahanya, Nur Hidayat juga senang dapat memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk bergabung dengan Sangkayu.

"Berkat pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia, saya bisa mengembangkan usaha dan meningkatkan produktivitas masyarakat. Omzet kami meningkat berkali-kali lipat sejak bergabung di Tokopedia. Bagi para pelaku UMKM jangan takut memulai, dan harus berani untuk mencoba dan ikut dalam beragam program Tokopedia," imbuh Nur Hidayat.

Tak hanya itu, Tokopedia juga mencatat jumlah transaksi PBB kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat di Tokopedia juga naik hampir 2x lipat pada tahun 2021 dibandingkan 2022. Kenaikan juga terjadi pada jumlah transaksi E-Samsat Jawa Barat sebesar hampir 1.5x lipat pada periode yang sama.

TokopediaFoto: Tokopedia


Simak Video "Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT