10 Negara dengan Gaji Terbesar di Dunia, Ada RI?

ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Gaji Terbesar di Dunia, Ada RI?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Kamis, 25 Agu 2022 13:56 WIB
Young Asian business woman receiving salary or bonus money from boss or manager at office happily.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Domepitipat
Jakarta -

Memiliki gaji yang tinggi merupakan impian banyak orang. Beberapa negara dengan gaji tertinggi di dunia dapat menjadi referensi Anda dalam bekerja.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, tinggi rendahnya gaji masyarakat dapat dilihat dari metode Kaitz Index. Metode ini sudah digunakan dunia internasional untuk mengukur tinggi rendahnya upah minimum suatu wilayah.

Cara perhitungannya yaitu dengan membandingkan besaran upah minimum yang berlaku dengan median upahnya. Median upah adalah nilai tengah antara upah tertinggi dan terendah di suatu wilayah. Nah kenyataannya, menurut Ida, besaran upah minimum di seluruh wilayah di Indonesia sudah melebihi median upahnya.

Ida mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi satu-satunya negara dengan Kaitz Index lebih besar dari 1, di mana idealnya berada pada kisaran 0,4 sampai dengan 0,6.

Terlepas dari pernyataan Ida, ada 10 negara yang memberi pekerjanya dengan gaji terbesar di dunia. Sayangnya, dalam daftar tersebut tidak ada Indonesia. Dilansir dari ceoworld.biz, berikut 10 negara dengan gaji tertinggi di dunia:

1. Swiss

Swiss, dengan populasi 8,3 juta orang menjadi negara makmur dan bersemangat menawarkan gaji tertinggi di dunia kepada rakyatnya. Rata-rata pekerja menghasilkan pendapatan US$ 6142,1 atau sekitar Rp 91 juta per bulan dalam kurs Rp 14.826.

Swiss menjadi negara yang unggul di banyak bidang termasuk keuangan, perbankan, cokelat, elektronik, farmasi, jam tangan, dan pariwisata. Banyak perusahaan multinasional top dunia memiliki kantor pusat di Swiss.

2. Singapura

Singapura merupakan salah satu negara maju di ASEAN. Negara ini berbatasan dengan negara Indonesia dan Malaysia. Dalam sebulan, rata-rata gaji yang didapatkan yaitu US$ 4350,79 atau setara dengan Rp 64,4 juta

3. Australia

Australia terkenal dengan gaji terbesar di mana rata-rata pendapatan pekerjanya US$ 4218,89 atau setara Rp 62,5 juta per bulan. Negara ini memiliki industri pariwisata yang ramai, jasa keuangan, baja dan peralatan industri, serta pertambangan yang berkembang dengan baik.

Australia juga memiliki aturan imigrasi yang cukup ketat dan hanya menerima pekerja terampil ke negara tersebut.

4. Amerika Serikat

AS menjadi negara dengan ekonomi yang sangat maju dan beragam. Negara ini mandiri di banyak bidang dan memainkan peran penting di kancah Internasional di berbagai sektor. Dalam sebulan, rata-rata gaji yang diperoleh yaitu US$ 3721,64 atau setara dengan Rp 55,1 juta per bulan.

Pekerjaan relatif mudah ditemukan di AS, asalkan warga negara asli atau paling tidak memiliki visa kerja yang sesuai.

5. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab terletak di bagian tenggara Semenanjung Arab yang berbatasan dengan Arab Saudi, Oman, Qatar, dan Iran.

Rata-rata gaji yang di didapatkan yaitu US$ 3663,27 atau sekitar Rp 54,2 juta per bulan.

6. Norwegia

Norwegia adalah salah satu tempat termahal di dunia dan menurut Bank Dunia, masyarakat di negara ini memiliki pendapatan per kapita tertinggi keempat di dunia. Rata-rata pekerjanya memiliki pendapatan dengan gaji US$ 3457,69 atau setara Rp 51,2 juta per bulan.

Negara ini memiliki industri gas dan minyak bumi yang berkembang pesat. Norwegia juga merupakan pengekspor ikan, kayu, tekstil, dan akuakultur yang terkenal. Selain memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, orang Norwegia juga dinilai sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia.

7. Kanada

Kanada merupakan negara yang terletak di Amerika Utara. Negara ini berbatasan langsung dengan Amerika Serikat.

Rata-rata gaji yang didapatkan yaitu US$ 3338,62 atau sekitar Rp 49,4 juta per bulan.

8. Denmark

Denmark menjadi salah satu negara dengan gaji terbesar di dunia yang rata-rata mencapai US$ 3294,72 atau setara Rp 48,8 juta per bulan. Pendapatan yang tinggi itu dibarengi dengan standar hidup yang sangat tinggi.

Denmark memiliki serikat pekerja yang kuat, yang menjamin hak-hak karyawan dan upah yang adil. Industri Denmark berfokus terutama pada pertambangan, logam, makanan dan minuman, transportasi, furniture, pembuatan kapal, dan obat-obatan. Negara ini relatif kecil, dan jumlah pekerjaan yang tersedia juga terbatas.

9. Islandia

Islandia juga merupakan negara terkecil dengan populasi hanya 350.000, tetapi juga salah satu negara termahal di dunia. Sebagian besar negara ini tidak berkembang karena cuaca yang sangat dingin, tetapi memiliki industri pariwisata yang berkembang karena keindahan alamnya.

Pendapatan rata-rata pekerjanya mencapai US$ 3237,11 atau setara Rp 47,9 juta per bulan, sehingga menduduki posisi kedua sebagai negara dengan gaji terbesar di dunia. Industri yang paling penting bagi perekonomiannya terdiri dari pariwisata, perikanan, tenaga air dan pertambangan.

10. Belanda

Belanda masuk salah satu negara dengan gaji tertinggi di dunia yang rata-rata besarannya US$ 2860,19 atau setara Rp 42,4 juta per bulan. Banyak survei menunjukkan bahwa orang Belanda puas dengan kehidupan mereka karena sistem perawatan kesehatan dan sekolah yang sangat baik.

Secara keseluruhan, Belanda memiliki industri pertanian dan perikanan yang luar biasa, industri teknik listrik dan mesin yang canggih, termasuk farmasi, pariwisata, dan mikroelektronika.

Sebagai catatan, gaji tersebut merupakan gaji bersih yang diterima setiap bulan setelah dipotong pajak. Demikian 10 negara dengan gaji terbesar di dunia.

Simak juga video 'Anies Bocorkan Gaji PNS DKI Fresh Graduate S1: Rp 12-18 Juta per Bulan':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT