Nggak Boleh Gaptek, Usaha Kecil Wajib Melek Digital

ADVERTISEMENT

Nggak Boleh Gaptek, Usaha Kecil Wajib Melek Digital

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 31 Agu 2022 16:40 WIB
Warung kelontong di Bandung kebingungan hadapi emak-emak beli telur.
Foto: Bima Bagaskara/detikJabar
Jakarta -

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus melek digital. Hal ini agar transaksi menjadi semakin mudah dan pengembangan usaha bisa lebih cepat.

Termasuk toko kelontong. PT Bank Nationalnobu Tbk bekerja sama dengan PT Topindo Solusi Komunika (Topindku) untuk memberikan dukungan permodalan toko kelontong dan toko pulsa yang bernaung di bawah jaringan Topindoku.

Selain itu, UMKM ini juga diberikan layanan digital agar penjualan dan bisnis bisa semakin tumbuh cepat.

Kerja sama ini merupakan pengembangan dari kerja sama penyediaan sarana pembayaran digital QRIS bagi UMKM yang telah terjalin sebelumnya antara Nobu Bank dan Topindoku. Dengan dukungan permodalan ini, diharapkan pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya lebih maju, tumbuh dan makin kompetitif.

Head of Retail Banking Nobu Bank Steve Marciano Jo mengungkapkan pengembangan kerja sama ini merupakan wujud keberpihakan Nobu Bank pada UMKM dan pemberdayaan keuangan digital yang inklusif, yaitu melalui penyediaan fasilitas permodalan berupa KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Pengembangan penyaluran KUR melalui kerja sama dengan platform digital seperti Topindoku, merupakan langkah Nobu Bank dalam menyelaraskan dengan semangat digitalisasi layanan perbankan, dimana melalui aplikasi Topindoku, pelaku UMKM di dalam jaringan Topindoku dengan mudah mengakses permodalan untuk mengembangkan usahanya dengan suku bunga yang sangat ringan.

CEO Topindoku, Seiko Manito menyampaikan bahwa penandatanganan kerja sama dengan Nobu Bank hari ini akan menjadi babak baru bagi perjalanan kerja sama kedua belah pihak.

"Salah satu misi Topindoku adalah membantu pengusaha pemula untuk tumbuh dan berkembang. Fasilitas KUR yang di sediakan bekerjasama dengan Bank Nobu merupakan manifestasi dari misi kami. Kami harap fasilitas ini dapat bermanfaat khususnya untuk mitra UMKM binaan Topindoku untuk memperkuat dari sisi permodalan sehingga bisa bertahan di tengah situasi yang sulit, bahkan maju untuk terus meningkatkan skala usahanya", paparnya.

Proses pengajuan KUR yang dapat dilakukan melalui aplikasi Topindoku ini menjadi nilai tambah bagi para pemilik toko, karena akan sangat memudahkan bagi mereka yang sehari-hari sibuk mengurus barang dagangan.

PT Topindo Solusi Komunika merupakan pemilik aplikasi Topindoku yang merupakan platform digital yang memberdayakan pelaku UMKM tradisional dalam mengembangkan bisnis mereka untuk mampu bersaing di pasar modern dari skala desa, kota, bahkan nasional.

Topindoku berupaya untuk membuka peluang bisnis yang beragam bagi pelaku UMKM yang dihadirkan dalam satu aplikasi solusi bisnis yang terintegrasi yang pada giliranya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Aplikasi ini dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah oleh pelaku UMKM dalam mengelola dan menjalankan usahanya Nobu Bank terus melakukan langkah transformasi digital seiring perkembangan digitalisasi layanan perbankan yang begitu pesat.

Nobu Bank secara konsisten menaruh perhatian besar pada pengembangan UMKM di Indonesia, salah satunya melalui penyaluran KUR. Kerja sama penyaluran KUR dengan berbagai ekosistem, terutama yang telah memiliki platform digital, akan memperluas inklusi keuangan karena dapat menjangkau para pelaku UMKM yang mungkin selama ini mengalami kesulitan dalam mengakses permodalan.



Simak Video "LPSK Duga Ada Obstruction of Justice di Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT