Jokowi Ungkap Fakta Mengerikan: 345 Juta Penduduk Dunia Rawan Pangan!

ADVERTISEMENT

Jokowi Ungkap Fakta Mengerikan: 345 Juta Penduduk Dunia Rawan Pangan!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 01 Sep 2022 20:16 WIB
Presiden Joko Widodo menerima delegasi US-ASEAN Business Council di Istana Negara, Jakarta. Mereka adalah perwakilan dari 35 perusahaan AS.
Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan semua negara saat ini dihadapkan pada tantangan yang sama. Tantangan itu yakni perubahan iklim dan dinamika geopolitik yang berdampak pada krisis pangan hingga energi.

Hal tersebut disampaikam Jokowi dalam acara Dies Natalis ke-59 Institut Pertanian Bogor yang disiarkan Youtube IPB TV, Kamis (1/9/2022).

"Tahun ini semua negara di dunia dihadapkan pada ujian yang sama, dihadapkan pada tantangan yang sama, ancaman perubahan iklim, dinamika geopolitik global yang berdampak pada krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial," ujar Jokowi.

Bahkan, menurut Jokowi, krisis kemanusiaan ada di depan mata. Ratusan juta penduduk di puluhan negara mengalami kerawanan pangan.

"Krisis kemanusiaan ada di depan mata kita, 345 juta penduduk dunia di 82 negara mengalami kerawanan pangan yang sangat serius. Kenaikan indeks harga pangan global mencapai rekor tertinggi. Biaya logistik di jalur laut meningkat 3 kali lipat, meningkatnya biaya produksi pupuk yang berdampak pada peningkatan biaya produksi pangan dan pertanian," paparnya.

Maka itu, Jokowi menuturkan, persoalan pangan dan pertanian harus menjadi perhatian. Ia ingin perguruan tinggi merespons tantangan ini.

"Persoalan pangan, persoalan pertanian harus menjadi fokus perhatian kita. Perguruan tinggi harus merespon tantangan ini. Menciptakan ekosistem yang kondusif bagi tumbuhnya kreativitas dan inovasi. Ikut mendorong percepatan hilirisasi industri, mencetak lebih banyak sosok technopreneur dan sociopreneur," ujar Jokowi.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT